Walikota Sorong Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa Asli Moi

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Sorong,Honaipapua.com, -Walikota Sorong Drs.Lambert Jitmau secara resmi memberikan beasiswa kepada mahasiswa asli Moi di Hotel Vega Kota Sorong, Jumat (8/11/2019).

Mahasiswa asli suku Moi yang menerima bantuan tersebut adalah mereka yang kuliah di jenjang pendidikan S1, S2 dan S3.

“Saya akan terus memberikan beasiswa kepada anak-anak suku asli, pemilik sebagian besar Sorong Raya ini, hingga akhir tugas sebagai wali kota Sorong. Saya berharap mahasiswa asli Moi ini dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi untuk memajukan daerahnya ke depan,”kata Walikota.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah merupakan bentuk nyata kepedulian terhadap pengembangan dunia pendidikan khusus warga asli Moi.

” Kita tak hanya fokus pada peningkatan pembangunan insfratruktur, melainkan kita juga hadir dan peduli dalam pembangunan pendidikan. Mengembangkan sumber daya manusia melalui dunia pendidikan, itu sangat penting di masa kepemimpinan saya sebagai Wali Kota agar warga Moi ini memiliki semangat untuk belajar, “katanya.

Wali Kota Lambertus Jitmau, juga telah membangun asrama kepada warga Moi ini di Kota Sorong dan Manokwari. Hal itu, dimaksudkan, agar anak-anak Moi ini belajar dengan tenang di Asrama yang disiapkan pemerintah kota Sorong.

Petrus Ulimpa, salah satu mahasiswa Moi yang menerima bantuan tersebut, mengaku sangat terbantu dengan program pemerintah kota Sorong, yang memperhatikan pendidikan dengan menggelontorkan beasiswa tersebut.

“ Kalau saja pemerintah daerah lainnya di tanah Moi ini memperhatikan dunia pendidikan seperti yang dilakukan Wali kota Sorong, maka akan lahir banyak anak-anak Moi yang mampu bersaing di masa datang. Karena, tanpa pendidikan yang memadai maka kualitas SDM anak-anak Moi tak akan berkembang seperti diharapkan,”katanya.

Ia berharap, bukan Pemerintah Kota Sorong saja, tapi daerah lainnya di tanah Moi ini pun dapat memberikan beasiswa kepada anak-anak asli Moi. Karena, tanah Moi merupakan daerah penghasil minyak dan gas terbesar di dataran Sorong Raya ini. Tentu dari hasil pertambangan tersebut telah memberikan kontribusi besar terhadap keuangan daerah.

Seperti diketahui bahwa Daerah Moi, ini merupakan kawasan penghasil minyak dan gas pertama di Provinsi Papua dan Papua Barat. Belakangan ini baru muncul LNG Tangguh Bintuni sebagai penghasil gas terbesar di Indonesia.

Oleh karena itu, menurut Ulimpa, pemerintah daerah di Papua Barat ini harus memberikan perhatian khusus kepada warga asli Moi. Pasalnya, meski hasil daerahnya melimpah, akan tetapi jumlah SDM yang berpredikat S2 dan S3 hingga kini masih bisa dihitung dengan jari. (pic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *