Staf Ahli Bupati Maybrat Buka Sosialisasi Kader Posyandu

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Maybrat,Honaipapua.com, -Staf Ahli Bupati Kabupaten Maybrat Bidang Perekonomian dan Pendapatan Daerah, Yoram Bosawer,SE,M,Si secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Kader Posyandu bagi Kader tingkat Kampung Se-Kabupaten Maybrat, Kamis (27/11/2019).

Yoram Bosawer,SE,M,Si dalam sambutanya, mengatakan, adanya upaya pekembangan kualitas sumber daya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan secara merata, apabila sistem pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat seperti Posyandu dapat dilakukan secara efektif dan efisien dan dapat menjangkau semua sasaran yang dapat membutuhkan layanan tumbuh kembang anak, ibu hamil, ibu menyusui.

” Karena dilihat secara nyata di Kabupaten Maybrat ini angka kematian bayi balita dan dewasa sangat tinggi dibandingkan dengan angka kehamilan dan angka ibu melahirkan, “ungkapnya usai membuka acara pelatihan kader posyandu di aula Pertemuan Sekretariat daerah di Kmurkek, Rabu (27/11/2019).

Sementara Kepala Bidan Kemasyarakatan Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, Martha Naa,, S, Tr, S, Keb, yang juga selaku ketua panitia pelatihan Kader Posyandu Se-Kabupaten Maybrat, mengatakan, Kesehatan perlu diperjuangkan dan ditingkatkan oleh setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa, agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat, dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Hal ini perlu dilakukan, karena kesehatan bukan tanggungjawab pemerintah saja, namun merupakan tanggungjawab bersama pemerintah dan masyarakat, “terang ketua panitia kegiatan pelatihan kader Posiandu Se-Kabupaten Maybrat, Martha Naa, S,Tr ,S .Keb.

” Sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas, merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Kesehatan bersama-sama dengan pendidikan dan ekonomi merupakan 3 pilar yang sangat memengaruhi kualitas hidup sumber daya manusia, “kata Martha Naa.

Marhta mengutarakan, salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan adalah menumbuh kembangkan Posyandu, karena Posyandu merupakan salah bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

” Melalui pelatihan kader posyandu kita tingkatkan perstasi dan etos kerja dalam pengelolaan posyandu dan tujuan dari kegiatan pelatihan Posyandu adalah setelah pelatihan ini peserta mengetahui, memahami tentang pengelolaan Posyandu, peran dan fungsinya serta kebijakan Posyandu Kampungnya masing-masing, “bebernya, seraya menambahkan dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya sebagai kader Posyandu, meningkatkan kemampuan fasilitas pembelajaran kader Posyandu dalam melaksanakan tugas penggerakan dan pemberdayaan masyarakat, “tutupnya. (Ones)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *