Polres Sorong Gelar Pembinaan Rohani dan Mental Personil

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorong,Honaipapua.com, -Kepolisian Resor Sorong, Kamis (05/09/2019) pukul.08.30.Wit, Polres sorong melaksanakan kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi Personil.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali pada hari Kamis setelah usai pelaksanaan apel pagi.

Kegiatan yang di laksanakan oleh personil Polres Sorong Umat Muslim bertempat di Mesjid Al-Harizi Polres Sorong, Umat Nasrani di aula Patria Tama sedangkan Umat Hindu bertempat di ruangan Vidcon Tathya Dharaka lantai II Polres Sorong untuk meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas.

Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental sangat penting bagi Anggota Polri mengingat tugas Polri yang dirasa sangat berat. tugas Polri yang sangat serba sibuk, Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) sebagai pengingat untuk tetap bertaqwa kepada Allah SWT.

” Kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan kwalitas keimanan dan ketaqwaan Personil Polres Sorong, Pembinaan dan Rohani (Binrohtal) ini wajib dilaksanakan dari mulai dari Mabes Polri hingga ke Polsek-Polsek Jajaran sesuai Perintah Bapak Kapolri, ” terang Waka Polres Sorong Kompol La Ode Pandi, SH dalam pelaksanaan apel pagi.

Kasubag Humas Polres Sorong Ipda.Amir menyampaikan, Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental, sebagai wadah untuk membentuk karakter Anggota Polres Sorong untuk menjadi lebih Humanis dalam melayani masyarakat, sehingga citra Polri menjadi lebih baik dengan harapan dalam pelaksanaan tugas dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan Tugasnya. Tujuan dilaksanakan kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bertujuan positif bagi Anggota Polri untuk memberikan siraman rohani dan moral setiap Anggota agar menjadi lebih baik serta menjadi alat kontrol diri.

” Kegiatan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) bagi Personel umat Muslim bertempat di Mesjid Al-Harizi Polres Sorong di pimpin Kasiwas Iptu.Ngadinan menyampaikan tentang, dengan Meneladani Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW kita wujudkan Polri yang berprestasi dan inovatif dalam pelaksanaan tugas sehari-sehari. Setelah itu secara bersama-sama Membaca Surat Yaasin dan mengajarkan menghapal doa-doa yang mustajab dan cepat dijabah oleh Allah SWT dilanjutkan pembacaan Do’a, “terang Ipda.Amir.

Pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) personil yang beragama Nasrani bertempat di aula patria tama Polres Sorong. Pada kegiatan tersebut diisi dengan ceramah keagaman yang di sampaikan oleh Baur Mintu Sat. Tahti Aiptu Jefri Roteng menyampaikan / Pembacaan diambil dalam kitab : 2 Timotius 3 :1-9 Perikop tentang “Keadaan Manusia Pada Akhir Zaman”

Lanjut Ipda.Amir, sedangkan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) personil umat Hindu di Pimpin KBO Sat. Binmas Ipda Ida Bagus Wayan Dipta menyampaikan tentang “Dalam pandangan Hindu, telah mengajarkan manusia akan musuh dalam kehidupannya. Musuh yang selalu ada dalam setiap jejak kita melangkah dalam kehidupan ini yang berada pada dalam diri manusia itu sendiri.

Musuh yang dimaksud adalah Sad Ripu yang dapat membawa manusia jatuh dan terjerumus ke tempat kegelapan.
SAD RIPU adalah enam musuh yang ada pada setiap diri manusia yang bagian-bagiannya (1). Kama artinya keinginan/ hawa nafsu, (2). Lobha artinya kerakusan/tamak, (3). Krodha artinya kemarahan /kebencian, (4). Moha artinya kebingungan, (5). Mada artinya kemabukkan, (6). Matsarya artinya iri hati/dengki.

Kapolres Sorong AKBP.Dewa Made Sidan Sutrahna, S. Ik melalui Kabag.Ops Polres Sorong AKP. Emmy Fenitiruma, S. Sos menjelaskan bahwa, dengan program Binrohtal ini diharapkan sebagai wadah untuk membentuk karakter angggota Polri menjadi lebih humanis dalam pelaksanaan tugas di lapangan sehingga lebih dapat lagi memperbaiki citra Kepolisian di mata masyarakat, “ucap Kabag Ops. (Amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *