PA GMNI : Cacat Hukum, Pemilihan Ketua KNPI Papua Barat Terpilih Batas Umur Melewati 40 Tahun Melanggar UU Kepemudaan

sorong raya
Bagikan berita ini

SORONG,Honaipapua.com, -Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Papua Barat Yosep Titirlolobi kepada media ini mengatakan bahwa DPD PA GMNI Papua Barat siap mengambil langkah hukum bilamana Ketua KNPI Papua Barat terpilih batas umur melewati 40 tahun.

Hai ini disampaikan Ketua PA GMNI Papua Barat, mengingat panitia pelaksanaan Musdah KNPI Papua Barat telah mengeluarkan salah satu syarat bakal calon ketua DPD KNPI Papua Barat, yakni batas umur maksimal 40 tahun lebih. Syarat tersebut mendapat kritikan, bahkan diduga cacat hukum lantaran tidak mengacu pada AD/ART maupun Undang-undang kepemudaan.

“Batas usia 40 tahun lebih itu acuannya darimana, kalau kita mau mengacu pada AD/ART itu sudah sangat jelas dikatakan batas maksimum untuk maju sebagai ketua KNPI itu minimal usia 40 tahun bukan umur 43 tahun atau umur 45 tahun, sedangkan berdasarkan UU kepemudaan Nomor 40 Tahun 2009 mengatakan maksimal usia 16-30 tahun untuk maju mencalonkan diri sebagai Ketua KNPI,” ujar yosep saat dikonfirmasi wartawan di pengadilan negeri sorong.

Menurut Yosep, dalam konteks usia telah diatur dalam undang-undang kepemudaan maupun AD/ART KNPI, dimana menurut UU Kepemudaan, usia pemuda berkisar antara 16-30 tahun, dan 40 tahun telah di atur didalam AD/ART batas calon kandidat ketua KNPI, mengingat Musdah KNPI Papua Barat itu ajang untuk pemuda bukan ajang orang tua untuk mencalonkan diri.

“Jadi organisasi KNPI itu untuk pemuda, dan mengenai pemuda itu ada aturan perundang-undangan dan dasar hukumnya yang tidak bisa dilanggar. Jadi harus mengacu pada aturan yang diatasnya,” imbuh Yosep yang juga seorang advokat di Papua Barat.

Lanjut Yosep, Musdah KNPI Papua Barat yang akan di adakan tanggal 10 Maret 2022, seharusnya mematuhi aturan resmi negara yang berlaku agar tak dianggap melawan aturan. Ia sangat menyayangkan Musdah KNPI untuk memilih Ketua KNPI Papua Barat itu telah menggunakan uang negara tetapi pelaksanaanya melanggar aturan undang-undang kepemudaan.

Perlu di ingat bahwa Komite Pemuda Nasional Indonesia adalah organisasi kepemudaan yang awalnya merupakan gabungan kelompok Cipayung tetapi kenyataannya KNPI Papua Barat selama ini fakum padahal puluhan miliar sudah dikucurkan oleh Pemprov Papua Barat selama lima tahun.

Kita bisa lihat Program kerja KNPI Papua Barat seperti tidak ada selama ini dan lebih banyak eforia dengan kesibukan masing-masing, contoh yang gampang advokasi hukum dan ham yang jalan ditempat, hubungan kerja antar lembaga yang tidak perna berjalan, kewirausahaan pemuda dan investasi yang tidak berjalan, seni dan olahraga yang di anggap menjadi program unggulan juga tidak berjalan, padahal kucuran dana hibah setiap tahun miliaran rupiah sampai sekarang tidak tahu di gunakan untuk program apa, ujar yosep.

“Kami juga heran ko banyak sekali orang pintar di KNPI Papua Barat yang paham undang-undang tetapi lebih banyak yang memilih diam, ini bahaya sekali bila mana konstitusi dilanggar tentu akan merugikan pemuda papua barat sendiri dimana regenerasi akan mati, dan hal yang tidak mungkin, dipaksakan untuk melabrak aturan oleh mereka yang tidak ingin kekuasaannya hilang di KNPI,” ujar Yosep.

Diketahui bahwa para bakal calon ketua KNPI Papua Barat telah mengambil formulir disekretariat Panitia Musdah IV DPD KNPI Papua Barat diantaranya :
1. Jois Kambu, SE
2. Ardiles Kareni, S.Hut
3. Suryati Faisal, SH
4. Dr. Sammy DJ.Saiba, M.Si
5. Jeffry J.V Auparay, SH.,MM
Sementara pantauan media ini bahwa pengembalian berkas formulir sendiri dan pendaftaran bakal calon dimana telah beredar di media bahwa pendaftaran bakal calon Ketua KNPI Papua Barat  akan dibuka pada tanggal 24 Febuari 2022 pukul 9.00 Wit dan akan ditutup tanggal 26 Febuari 2022 pukul 21:00 dari 5 kandidat yang telah mengambil formulir cuman satu dua orang yang umurnya dibawa 40 tahun dan sisanya umur sudah mencapai 45 tahun. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.