Non Job Kadisdukcapil, Dirjen Pencatatan Sipil Layangkan Surat Teguran kepada Bupati Sorsel Point 7 : Dampaknya Masyarakat akan jadi korban

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorong Selatan,Honaipapua.com, -Seperti yang dilansir media ini terkait Kadis Dukcapil Kabupaten Sorong Selatan, Drs. George Japsenang, M.Si Selasa (11/5) telah di Non Job kan oleh Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Syamsudin Anggiluli, Selasa (11/5) yang lalu, Dirjen Kependudukan dan Prncatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri RI melayangkan surat teguran secara tertulis kepada Bupati Kabupaten Sorong Selatan, tentang Mutasi Pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Sorong Selatan.

Sehubungan dengan telah terjadi mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pasal 83A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, memberikan kewenangan kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengangkat dan memberhentikan pejabat struktural pada unit kerja yang menangani Administrasi Kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota. Berdasarkan amanat Pasal 83A tersebut, pada tanggal 30 November 2015 telah ditetapkan dan diundangkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat Pada Unit Kerja yang Menangani Urusan Administrasi Kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.
2. Gubernur dan Bupati/Walikota dalam mengangkat dan memberhentikan
Pejabat pada unit kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota wajib berpedoman pada Peraturan sebagaimana angka 1 (satu) di atas.
3. Saat ini telah terjadi Pemberhentian Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di
Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan dengan memberhentikan Sdr. Drs. George Japsenang, M.Si selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong Selatan. Kemudian Bupati Sorong Selatan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sorong Selatan Nomor 800/117/BSS/2021 Tanggal 22 Maret 2021
Tentang Penunjukan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong Selatan dengan mengangkat Sdr. James I. Tipawaei, S.IP, M.Si sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong Selatan.
4. Berdasarkan penjelasan angka 1 (satu), 2 (dua), dan 3 (tiga) di atas, maka Keputusan untuk memberhentikan pejabat dimaksud telah melanggar: a. Pasal 83A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan; b. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat Pada Unit Kerja yang Menangani Urusan Administrasi Kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota; c. Pasal 17, Pasal 70, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan

Sehubungan dengan hal tersebut, dimintakan kepada Bupati Sorong Selatan untuk membatalkan keputusan pemberhentian pejabat serta mengembalikan pejabat dimaksud kedalam jabatan semula sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 471-173 Tahun 2016 Tanggal 29 Januari 2016 selambat-lambatnya 14 hari sejak diterimanya surat ini.
6. Bupati Sorong Selatan dapat melakukan pemberhentian pejabat, mutasi atau pengisian jabatan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena berbagai pertimbangan dengan mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sesuai dengan prosedur dan mekanisme
yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2015 dan selanjutnya proses dapat dilakukan secara online melalui aplikasi SIDARA (https://dpdd. Kemendagri.go.id).
7. Apabila teguran ini tidak ditindaklanjuti, maka kami akan melakukan pemutusan jaringan komunikasi data (jarkomdat) pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong Selatan. (***)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *