Ditpolairud Polda Ajak Instansi Terkait Latihan Penanganan Kebakaran Kapal

sorong raya
Bagikan berita ini

Sorong,Honaipapua.com, -Bertempat di Pelabuhan Perikanan pantai Sorong, telah dilaksanakan Apel bersama dalam rangka Latihan penanganan Bencana Kebakaran Kapal diwilayah perairan Polda Papua Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kamis (3/2) yakni, Dirpolairud Polda Papua Barat, Kombes Pol.Budy Utomo,S.IK (selaku pimpinan apel), Kapolresta Sorong, AKBP ARY NYOTO,S.IK, Dan Kapal KP.Anggada 7016 mabes Polri Kompol Yudi, PJU Ditpolairud Polda PB, Kasat Polairud Polresta Sorong Saroji,SH, Kapolsek Kp3 Laut Sorong an.Rifky,Strk, Kepala Pemadam Kebakaran Sorkot an.Ridwan, Pemilik kapal SPOB Maros Indah Jaya 02 (H.Ansar), Pemilik Kapal SPOB Sinar Bintuni, 1 ton Angta KP.Anggada 7016 Mabes Polri, 1 ton Angta Ditpolairud Polda PB, 1 ton anggota gabungan Polresta Sorong (Satpolair dan KP3 Laut), 1 ton anggota Pemadam Kebakaran Sorong kota, 1 regu Basarnas, 2 regu Pertamina Marina Trans Kontinental Sorong, 4 org ABK Kapal SPOB Sinar Bintuni, 4 org ABK SPOB Maros Indah 02.

Dalam pelaksanaan apel bersama, arahan  Dirpolairud Kombes Pol Budi Utomo.SIk bahwa dalam kegiatan apel bersama ini, diharapkan dapat Sinergis antar Instansi, tahu Tupoksinya masing2, (siapa dan akan berbuat apa, apabila terjadi kebakaran terhadap kapal).

Diketahui bersama bahwa akhir-akhir ini banyak sekali kejadian-kejadian di pulau Jawa terkait kejadian Kebakaran Kapal, jadi saya berharap agar masing-masing instansi agar selalu kompak baik terkait 3 K (Kordinasi, Komunikasi dan Kolaborasi).

Pantauan media ini pemberian materi oleh Kepala Pengenalan terkait alat-alat damkar, cara pemakaian/penggunaan alat2 Damkar, cara memberikan pertolongan terhadap korban bencana kebakaran. Dalam kegiatan ini juga nanti akan di laksanakan TACTICAL FLOOR GAME (TFG), terkait penanganan Kebakaran Kapal di pelabuhan, setelah itu dilakukan pengecekan bersama-sama terhadap kelengkapan kapal-kapal yang ada di Pelabuhan perikanan, baik kapal Ikan, Kapal Cargo dan Kapal pengangkut BBM (SPOB).

Pada Pukul 08.45 wit , apel bersama selesai, dilanjutkan dengan kegiatan permainan TFG (TACTICAL FLOOR GAME), terkait cara penanganan bencana kebakaran kapal, diikuti oleh masing-masing perwakilan Instansi, kegiatan tersebut di pimpin oleh Dirpolairud Polda PB, dihadiri juga oleh Kapolresta Sorong, PJU Ditpolairud, Dankapal KP.Anggada 7016 mabes Polri, Kasat Polair dan Kapolsek Kp3 Polresta Sorong, kegiatan diasumsikan telah terjadi bencana kebakaran Kapal SPOB , pada saat selesai pengisian BBM, dan semua Instansi berperan dalam penanganan kebakaran tersebut.

Lanjut pada Pukul 09.30 wit, dilaksanakan pengecekan terhadap kelengkapan alat Damkar, mulai dri APAR,dll, kegiatan pengecekan dipimpin langsung oleh Dirpolair, diikuti oleh Kapolresta Sorong dan perwira yang lain, serta pemilik dan ABK Kapal SPOB tersebut. Dalam pengecekan tersebut, masih didapati alat-alat Damkar khususnya APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di Kapal Nelayan yang waktu penggunaannya hampir Kadaluarsa, dilanjutkan peragaan alat Damkar APAR ,dengan tujuan seluruh peserta apel bisa mengetahui dan bisa menggunakan APAR dengan benar sesuai dengan prosedur.

Dari kegiatan apel bersama ini kedepannya akan ditindaklanjuti dengan dilakukan Sosialisasi dan himbauan secara bersama-sama dengan instansi terkait (Polri,Syahbandar, Damkar dan Basarnas ) secara masif, kepada seluruh ABK dan pemilik kapal dalam rangka antisipasi terjadinya kebakaran kapal.

Melakukan pengecekan secara berkelanjutan terhadap keamanan dan keselamatan kapal, khususnya terhadap Kapal-kapal yang mengangkut BBM dan yang melakukan pengisian BBM di pelabuhan. (Pic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *