Bupati Sorsel Lakukan Sosialisasi Pandemi Covid-19 dan Penyerahan SK Kepala Kampung

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorsel,Honaipapua.com, -Pada 27 April 2020, pukul 15.00 s.d. 17.20 WIT, di Kantor Kampung Waigo, Distrik Wayer, Kab. Sorong Selatan, telah berlangsung Sosialisasi Pandemi Covid19 dan Penyerahan SK Kepala Kampung di Distrik Wayer yang dipimpin oleh Bupati Sorong Selatan Samsudin dan dihadiri oleh Kapolres Sorong Selatan AKBP Sahat Maruli H. Siregar,Kasdim Persiapan Sorsel,Mayor Cba Raden Heri Purwanto, Kepala Distrik Wayer
Yonias Kaisala, S.Sos, Kepala Puskesmas Wayer Margareta Howay, Amd.Kep, dan sekitar 150 orang masyarakat.

Dari pantauan media penyampaian dari Kepala Distrik Wayer, Yonias Kaisala, S.Sos Kepala Distrik Wayer yang intinya menyambut kedatangan Forkopimda Kabupaten Sorong Selatan di Distrik Wayer. Kemudian penyampaian Kepala Puskesmas Wayer, Margareta Howay, Amd.Kep, katakan soal penyebaran dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara Kapolres Sorsel, AKBP Sahat Maruli H. Siregar, menyampaikan agar masyarakat yang hadir dalam kegiatan menjaga jarak 1 meter sesuai protokol kesehatan. Covid19 merupakan bencana non alam yang harus bersama-sama dihadapi dengan melibatkan seluruh pihak terutama masyarakat. Penyebaran Covid 19 sangat cepat sehingga perlu diantisipasi dengan memakai masker, menerapkan social distancing dan menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan. Kabupaten Sorong Selatan masih termasuk zona hijau yang harus dipertahankan oleh seluruh pihak.

Pemyampaian Kasdim Persiapan Sorsel, Mayor Cba Raden Heri Purwanto katakan bahwa Kodim Persiapan Sorsel akan segera diresmikan dan siap membantu penanggulangan Covid-19.

Dan yang terakhir penyampaian oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli bahwa Dunia dan Indonesia dalam keadaan darurat kesehatan akibat wabah Covid-19 yang dapat dengan mudah menyebar. Para pakar kesehatan memprediksi bahwa Covid-19 akan mencapai puncaknya pada Mei 2020. Seluruh ‘Stakeholder’ terkait di daerah bersama Satgas Covid-19 berkewajiban untuk melakukan sosialisasi ke kecamatan/distrik dan kampung. Covid-19 sangat berbahaya namun perlu dihadapi dan dilawan bersama-sama dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Perlu diimplementasikan instruksi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Agar menerapkan sosial distancing dengan tinggal di rumah selama 14 hari, sehingga penyebaran virus dapat ditekan. Selain itu, agar selalu menjaga kebersihan diri dan rajin mencuci tangan.

Pukul 16.30.Wit, dilakukan acara Penyerahan SK kepada delapan (8) Kepala Kampung Se-Distrik Wayer. Dan pada Pukul 16.45.Wit, pembagian masker secara simbolis kepada masyarakat.

Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong Selatan yang diketuai oleh Samsudin Anggiluli dinilai kurang efektif dan efisien dalam melaksanakan sosialisasi Covid-19 karena dalam implementasinya cenderung melakukan pengumpulan masyarakat dan kurang menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya.

Sebelumnya, Samsudin Anggiluli juga melaksanakan kunjungan kerja ke Wilayah Sawiat Raya dengan dalih mensosialisasikan Covid-19 dan penyerahan SK kepala kampung.
Sosialiasi Covid-19 sejatinya dapat dilaksanakan oleh petugas medis pada tingkat Puskesmas dan apratur Distrik maupun kampung.
Langkah yang dilakukan oleh Bupati Samsudin Anggiluli disinyalir lebih menitikberatkan pada upaya peningkatan popularitasnya jelang Pilkada Kabupaten Sorong Selatan Tahun 2020 dengan memanfaatkan momentum pandemi Covid-19.

Kondisi Nasional Covid-19 membuat semua masyarakat di Indonesia di himbau untuk selalu waspada dan tetap tenang di tempat namun bedah dengan Bupati Sorong Selatan Papua Barat, yang tetap melakukan KUNKER ke Distrik dan Kampung, sekalian Sosialisasi Covid-19 dan Pembagian SK Kepala-kepala Desa dan diduga melalukan Kampanye Terselubung, karna Petahana mau maju Bupati tahun 2020 Desember mendatang, diharapkan pihak terkait Kemendagri dan Negara mengambil tindakan tegas kepada Bupati Sorong Selatan. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *