Bupati Samsudin Anggiluli Launching Inovasi Meeting PAS Secara Daring

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Teminabuan,Honaipapua.com, -Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr.AP melaunching inovasi “Pengembangan SDM Aman dan Sehat melalui MEETING-PAS di RSUD Scholoo Keyen Kabupaten Sorong Selatan yang bertempat di Ruang Media Center Kantor Bupati Sorong Selatan 20 Agustus 2021 secara Daring dengan sejumlah stakeholder di masing-masing Instansi.

Hadir dalam daring ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr.AP,Pj Sekda Sorong Selatan Dance Nauw,SP,MSi, Asisten III Bidang Administrasi Umum H.M Aris,SKM,M.Kes, Kepala BKPSDM Sorong Selatan, serta seluruh Pegawai RSUD Scholoo Keyen.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr.AP dalam sambutanya menjelaskan, Inovasi ini dilatar belakangi oleh keterbatasan dalam memaksimalkan kegiatan rutin perkantoran maupun kegiatan belajar mengajar dikarenakan Pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret 2020 di Indonesia.

Untuk itu, lanjut Bupati, pemerintah segera membuat kebijakan yang bertujuan memutus mata rantai penularan dengan menegakkan Protokol Kesehatan yang meliputi pembatasan kegiatan pertemuan dan mengurangi terjadinya kerumunan.

Menurutnya, saat ini masalah yang menghambat terwujudnya pelaksanaan kegiatan diklat dan perlu ditindaklanjuti adalah tidak terlaksananya diklat akibat kebijakan protokol kesehatan serta anggaran diklat yang dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Akan tetapi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menegaskan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi utama dan madya dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, serta integritas.

Sementara itu dr.Iksan Pangeran Direktur RSUD Scholoo Keyen Kabupaten Sorong Selatan dalam laporanya menjelaskan, merujuk peraturan LAN Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi PNS, pasal 4 ayat 1 dan 2 menjelaskan tentang hak ASN untuk mengikuti pelatihan dalam setahun sebanyak 20 (JP).

Dengan demikian ungkapnya bahwa perlu segera melaksanakan pendidikan dan pelatihan dengan memaksimalkan aplikasi Zoom Meeting. Untuk itu pihaknya saat ini mengembangkan inovasi “Pengembangan SDM Aman dan Sehat melalui Zoom Meeting “ (MEETING – PAS) di RSUD Scholoo Keyen Kabupaten Sorong Selatan.

Menurutnya Meeting-Pas adalah kepanjangan dari Pengembangan SDM aman dan sehat melalui Zoom Meeting yang bermakna bahwa dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan dituntut perencanaan yang baik berdasarkan analisis kebutuhan pelatihan sehingga SDM yang mengikuti pelatihan bisa Pas orangnya dan Pas pelatihannya. Berbagai pertemuan dalam bentuk rapat perkantoran maupun kegiatan belajar mengajar dibatasi dan tidak diizinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka, namun dianjurkan untuk dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Berbagai platform teknologi telah dikembangkan untuk memfasilitasi pertemuan secara daring baik dalam skala kecil maupun skala besar antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meets, Webex, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi informasi tersebut menjadi terobosan dan solusi inovatif untuk dapat melaksanakan pelatihan di masa pandemi.

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini untuk mengakomodasi pertemuan dalam bentuk webinar pelatihan adalah Zoom. RS Scholoo Keyen Kabupaten Sorong Selatan melalui Bidang Pengembangan dan Bidang Kepegawaian telah bekerjasama mengembangkan SIM-RS melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakan secara daring menggunakan Zoom.

Dijelaskan bahwa tujuan jangka pendek kegiatan ini untuk menerapkan sistem pelaksanaan diklat secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting melalui jaringan internet, sehingga program pengembangan pengetahuan dan keterampilan SDM dapat terwujud. Sementara tujuan jangka menengah menerapkan sistem penyusunan analisis kebutuhan diklat melalui aplikasi Google Form agar penyusunan rencana pengembangan SDM dapat tepat sasaran. dan tujuan jangka panjang pembangunan sistem informasi yang mengintegrasikan data kepegawaian dengan data diklat melalui E – KILAT (Elektronik – Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan).

Hal lainya inovasi ini bermanfaat bagi rumah sakit diantaranya menurunkan biaya operasional penyelenggaraan diklat,melaksanakan evaluasi secara real time,menjangkau peserta pelatihan tanpa batas.

Manfaat lainya terutama bagi masyarakat maupun peserta adalah melakukan efisiensi biaya pelatihan,mengikuti diklat kapan saja dan dimana saja,melaksanakan pekerjaan lain sambil mengikuti diklat sehingga tidak membatasi ruang gerak peserta.

Usai pelaksanaan Launching dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala Puslatbang KMP LAN Makasar Dr. Andi Taufik,MSi. (***)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *