Bupati Bagikan 4.497 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorong,Honaipapua.com, -Bertempat di halaman Kantor Cabang BRI SP II Distrik Mariat, Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H.,M.Si. kembali mendistribusikan paket sembako dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera(KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sorong, Senin ( 04/05/2020).

Bupati sorong saat membagikan kartu keluarga sejahtera (KKS) dan sembako secara simbolis kepada 3 perwakilan keluarga penerima manfaat(KPM) menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mengurangi beban hidup masyarakat akibat dampak dari pandemic covid-19 yang sedang terjadi.

Program bantuan pangan nontunai (BPNT) merupakan program transformasi dari Rastra dan memastikan program ini menjadi tepat sasaran, tepat harga, tepat jumlah ,tepat waktu ,tepat harga tepat kualitas dan tepat administrasi.

Program BPNT ini telah dilakukan secara bertahap mulai tahun 2017 dan terus di perluas kewilayah-wilayah sampai saat ini khusus di tahun 2019 program BPNT dilaksanakan di wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan dari sisi infrastruktur nontunai, signal telekomunikasi dan akses geografis sehingga program transformasi rastra tuntas ke seluruh kota dan kabupaten.

“ Saya memberikan apresiasi kepada Dandim 1802, dan juga Kapolres Sorong yang telah bersama-sama bersinergi memberikan pertimbangan-pertimbangan yang baik sehingga Pemerintah dapat mengambil keputusan yang tepat demi membantu dan menyelamatkan masyarakat kita dari masalah ancaman virus Corona ini”, ujar Bupati.

Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini ditandai dengan penekanan tombol dan pelepasan balon secara simbolis oleh Bupati yang didampingi oleh Dandim 1802,Kapolres Sorong, dan Kepala BRI Cabang Aimas.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong Amatus Turot, S.Hut., M.Si menjelaskan bantuan pangan nontunai atau BPNT adalah bantuan pangan sosial yang disalurkan dalam bentuk non tunai, yang berupa uang elektronik dari pemerintah kepada keluarga penerima manfaat ( KPM) yang hanya dapat di gunakan di E-warung untuk mencairkan bahan pokok sembako dan total saldo kartu keluarga sejahtera senilai Rp200.000,00 yang hanya dapat di tukar dengan bahan pokok sembako dengan menggunakan ATM BRI pada E-Warung yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kab Sorong.

“ Untuk diketahui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tidak dapat di tukarkan dengan uang atau mencairkan dalam bentuk uang tunai “, Ujar Plt Kepala Dinas Sosial.

Adapun total keluarga penerima manfaat sejak tahun 2019 dikabupaten sorong berjumlah 7.971 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan rincian total bantuan pangan nontunai (BPNT) regular dengan jumlah 5.677 , dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 2.024.

Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sudah berlangsung sejak 2019 sejumlah 1.270 kartu keluarga sejahtera (KKS) yang sudah di bagikan dan akan di distribusi sekarang berjumlah 4.497.

Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang akan berlangsung dalam minggu ini dan akan dijadwalkan di beberapa distrik dan akan dilayanai di kantor kelurahan masing-masing.

Hadir dalam kegiatan ini Dandim 1802 Sorong, Kapolres Sorong, Assiten II Kabupaten Sorong Chris Tupamahu S.Kom.,M.Si, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong Amatus Turot, S.Hut., M.Si, Kepala Cabang BRI SP II Distrik Aimas, Kepaa Distrik, serta masyarakat penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). (MM/BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *