Apel Pagi, Antisipasi Penyalagunaan Narkoba, Personil Polres Sorong Jalani Tes Lidah Dadakan

sorong raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorong,Honaipapua.com, -Sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba maupun obat-obat terlarang, personil Polres Sorong Polda Papua Barat melaksanakan tes lidah dadakan dengan menggunakan alat test DrugWipe 6S.

Test dadakan tersebut di pimpin Kasat Narkoba Polres Sorong, AKP.Farial M. Ginting, S. Ik, dan di saksikan langsung Waka Polres Sorong Kompol Jaingot Banjarnahor, SH, Kabag Sumda AKP Rusli. M dan Kasi Propam IPDA Y. Poerwanto, SH, bertempat di lapangan apel Mapolres Sorong, Rabu (08/01/2020) pukul.08.00.Wit.

” Alat DrugWipe 6S untuk mengetes canabis amfetamin metamfetamin ekstasi ketamin kokain dan opiates, dimana alat tersebut dapat mendeteksi pengguna Narkotika pada seseorang bagian lidah yang mana apabila garis merahnya berwarna merah 1 berarti negatif apabila berwarna merah 2 berarti positif, “ucap Kasat Narkoba.

Kapolres Sorong AKBP.Dewa Made Sidan Sutrahna, S. Ik melalui Kasat Narkoba AKP Farial M. Ginting, S. Ik, mengatakan, tes lidah semacam ini dilakukan secara berkala. Hal ini sebagai langkah preventif agar anggota terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

” Tes lidah ini akan rutin dilaksanakan / berkala, tetapi kita lakukan secara insidentil dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, waktu pelaksanannya tidak kita informasikan dulu. Tadi dalam pelaksanaan apel pagi langsung kita laksanakan,” terangnya

Lanjut Kasat Narkoba AKP Farial M. Ginting, S. Ik bahwa, tes lidah menggunakan alat DrugWipe 6S akan dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi Penyalagunaan Narkoba terhadap Personil Polres Sorong baik Perwira maupun Bintara dengan menggandeng Kabag Sumda dan Urkes Bag Sumda serta Kasi Propam dan Anggota Si Propam dilakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu ke anggota.

Tes lidah kali ini dilakukan terhadap personil yang ditunjuk secara acak didalam apel pagi. Secara bergiliran, satu-persatu personel sembari didampingi anggota Propam, mengetes lidah mereka masing-masing, kemudian meletakan di bawah untuk melihat kandungan Zat yang sudah dimasukkan kedalam lidah dengan menggunakanalat tes ini namanya DrugWipe 6S untuk mengetes canabis amfetamin metamfetamin ekstasi ketamin kokain dan opiates, khusus untuk mendeteksi penggunaan narkotika pada seseorang pada bagian lidah.

” Alat ini kebalikan dengan alat tes lainnya yang mana apabila garis merahnya berwarna merah 1 berarti negatif apabila berwarna merah 2 berarti positif. Hasilnya bisa segera diketahui hanya dalam hitungan menit. Di dalam tes lidah awal tersebut tidak di temukan personil yang menggunakan Narkotika, “tambah Kasat. (Amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *