Kodim 1803/Fakfak gelar Komsos dengan Komponen Masyarakat

Serba-serbi
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

FAKFAK,Honaipapua.com, -Kodim 1803/Fakfak menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Masyarakat bertempat di Makodim 1803/Fakfak Jln Muhammad Yamin Distrik Fakfak Utara Kabupaten Fakfak ,Kamis (03/06/2021).

Dalam sambutannya, Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Doddy Yudha,S.I.P,M.Tr(Han) didampingi Pasiter Kodim Lettu Inf Adam Fuad beserta Perwira Staf lainya mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran para komponen masyarakat yang berkenan hadir dalam kegiatan komsos ini.

Komsos ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komonikasi dialogis yang terjadi diantara kita dan saling memberi informasi terkait situasi yang terjadi di wilayah.

Komunikasi Sosial (Komsos) ini juga merupakan bagian dari program kerja di bidang Teritorial dengan tujuan untuk mempererat hubungan baik dan menjalin ikatan tali silaturahmi antara TNI khususnya Kodim 1801/Fakfak dan unsur masyarakat yakni Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh masyatakat, Tokoh Perempuan, dan Tokoh pemuda.

Dandim juga menyampaikan bahwa, pada masa pandemi Covid-19 diwilayah Kabupaten Fakfak kita semua harus patuhi protokol kesehatan sehingga kedepan tidak ada lagi yang terpapar Covid-19.

Kodim sebagai satuan teritorial bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Kodim merupakan kepanjangan tangan dari satuan TNI AD sebagai bagian dari pertahanan negara, bagaimana kesiapan masyarakat di Fakfak ini harus disambut baik, harus sebangun dengan keinginan negara untuk membangun dari sisi pertahanan dan keamanan, sosial budaya, ekonomi, pendidikannya. Artinya disiapkan juga di masyarakat terdepan baik itu di Fakfak maupun wilayah Desa lainnya hingga ke Kota.

“Kita harus layak jual, layak bersaing juga dari sisi pengetahuan/pendidikan, jangan ada di fakfak itu anak-anak yang putus sekolah, maupun anak-anak pengangguran masih tinggi. Kita harus siap dari segala segi, sehingga kembali lagi kepada tanggungjawab serta tugas pokok satuan kewilayahan Kodim 1803/Fakfak dalam memberdayakan wilayah pertahanan darat ,bagaimana Kodim hadir memperkuat semua sendi-sendi yang bisa perkuat masyarakat untuk mencintai NKRI”.ungkap Doddy.

Upaya-upaya yang dilakukan TNI AD lewat Kodim tentunya melalui pembinaan teritorial terdiri dari 3 bagian yang pertama Komsos yang terlaksana saat ini dengan komponen masyarakat. Komunikasi sangat penting dengan semua pihak baik itu aparat pemerintah, Polri dan masyarakat sehingga saluran komunikasi itu berjalan dengan baik, jangan sampai tersumbat atau terhambat. Maka Kodim hadir lewat para Babinsa untuk memperkuat komsos tersebut.

Initinya kita tidak inginkan terjadi sumbatan pada komunikasi yang akhirnya terjadi konflik antar sesama masyarakat. Tetapi ketika saat komunikasi sudah berjalan baik, tentunya ada kebersamaan di masyarakat dengan aparat Pemerintah setempat, aparat TNI maupun Polri. Komsos berjalan, maka harapan kita saling ada rasa kebersamaan dan rasa memiliki terhadap NKRI yang tidak sebatas ucapan tapi perbuatan.

Kebersamaan TNI dengan masyarakat atau kemanunggalan TNI dengan rakyat. Artinya bahwa karena TNI berasal dari rakyat, tentunya kehadirannya harus berbuat bagi rakyat. Itulah harapan sebagai institusi TNI AD.

Bagaimana kita menyiapkan wilayah pertahanan di darat tadi, sebagaimana telah dimanatkan dalam UU, baik UU Pertahan maupun UU TNI, bahwa tugas dari TNI AD adalah bagaimana dia memberdayakan dan menyiapkan wilayah pertahanan darat. Yang perlu disiapkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam Buatan (SDAB), bagaimana menyiapkan sumber daya yang ada diwilayah, sehingga ketika terjadi peperangan maka kita sudah siap dengan logistik wilayah, dengan komponen utama atau TNI dan komponen cadangannya masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan yang dihadirkan oleh TNI AD, kemanunggalan TNI Rakyat yang sudah dibangun oleh para leluhur kita, ini menjadi modal bagi kami TNI AD untuk selalu hadir senantiasa bersama dengan masyarakat. TNI hadir menjadi berkat bagi masyarakat, ” tutupnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *