Peduli Anak-anak, Pengurus Bhayangkari Cabang Sorong Bagikan Akta Kelahiran

Seni & Budaya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorong,Honaipapua.com, -Dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Ke-67, Ketua Bhayangkari Cabang Sorong Ny. Artini Dewa bersama pengurus Bhayangkari Cabang Sorong membagikan Akta Kelahiran sebanyak 25 (dua puluh lima) lembar bagi anak yang belum memiliki akte kelahiran, acara tersebut dilaksanakan di Kampung Usili Distrik Aimas Kabupaten Sorong.

Pemberian Akte Kelahiran bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Sorong, oleh Ketua Bhayangkari Cabang Sorong Ny. Artini Dewa, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran anak.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Bhayangkari Cabang Sorong, untuk membantu program pemerintah dalam mendorong masyarakat agar mengurus akta kelahiran anak.

” Akte kelahiran sangat penting sebagai identitas diri dan merupakan hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang. Dengan adanya program pemberian akta kelahiran secara gratis, bisa membantu masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran,” ungkap Ketua Bhayangkari Cabang Sorong.

Selain itu, menurut Ny. Artini bahwa pencatatan, mengratiskan pembuatan akta kelahiran, sebagai bagian melindungi anak, menghargai dan mengakui status anak.
Oleh karena itu, orang tua wajib mencatatkan identitas diri anak sejak dilahirkan sebagai bentuk tanggung jawab dan perlindungan terhadap anak.

“Anak yang tidak memiliki akte kelahiran tidak tercatat dalam kependudukan, tidak punya posisi hukum, tidak punya hak dasar dan tidak punya hak kewarganegaraan, “ungkapnya.

Ketua Bhayangkari Cabang Sorong Ny. Artini Dewa Made usai pembagian akta kelahiran di mengatakan, bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HKGB ke-67 sebagai wujud kepedulian terhadap hak sipil anak di Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tambrauw.

Menurut Ny. Artini Dewa Made pihaknya sudah membagi akte kelahiran sebelumnya secara bertahap, dan berharap dengan adanya pembuatan akta gratis ini dapat membantu hak anak secara hukum terkait persoalan identitas. Adanya akta sendiri bertujuan untuk mempermudah urusan-urusan yang memerlukan identitas seperti sekolah hingga bekerja kelak.

“Pemberian akta kelahiran tersebut merupakan wujud kepedulian Pengurus Bhayangkari Cabang Sorong dengan persoalan yang ada, dimana masih terdapat anak-anak yang belum memiliki akte kelahiran khususnya di Kabupaten Sorong dan Kabupaten kabupaten Tambrauw, Padahal sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang No. 35 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, yang menyebutkan Akte Kelahiran merupakan identitas seseorang setiap anak yang harus diberikan sejak kelahiran setiap anak,” kata Ny. Artini.

Selesai pembagian akta kelahiran, Ketua Bhayangkari Cabang Sorong dan para pengurus bergabung dengan Mama-Mama Kampung Usili sambil belajar bagaimana cara membuat rok rumbai dari rumput. (amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *