Tim Kampanye Dua Paslon Sepakat Kampanye Berakhir Pukul 21:00 WIT

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Kedua tim kampanye baik pasangan RISMA maupun TERKABUL, akhirnya menyepakati kampanye dalam bentuk pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog berakir pukul 21:00 WIT.

Serah Terima Berita Acara Kesepakatan Bersama dari Bawaslu kepada Ketua Tim Kampanye RISMA

Sebelumnya tim kampanye dua paslon mengusulkan waktu yang berbeda, dimana tim kampanye RISMA mengusulkan agar pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog berakhir pukul 21:00 WIT, sementara tim kampanye TERKABUL mengusulkan untuk berakhir di pukul 23:00 WIT.

Serah Terima Berita Acara dari Bawaslu Kaimana kepada Ketua Tim Kampanye TERKABUL

Namun dengan pertimbangan saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung dan Kabupaten Kaimana juga sudah beberapa kasus yang dinyatakan positif, maka semua pihak terkait menyepekati bahwa kampanye pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog akan diakhiri pukul 21:00 WIT.

Kesepakatan bersama ini juga disaksikan oleh Kapolres Kaimana dan dituangkan dalam berita acara kesepakatan bersama, yang ditandatangan diatas materai oleh Ketua Tim Kampanye RISMA – Anwar Kamakaula, A.Md, Ketua Tim Kampanye TERKABUL – Lewi Oruw, SE, Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana – Karolus Kopong Sabon, SE, Ketua KPUD Kabupaten Kaimana – Kristianus M. Maturbongs dan Kapolres Kaimana-AKBP. Iwan P. Manurung, S.I.K.
Berita acara kesepakatan bersama tertanggal 10 Oktober 2020 ini, memuat 4 point penting yang dihasilkan dalam pertemuan, yang dilaksanakan di sekretariat Bawaslu Kabupaten Kaimana. Point pertama dalam kesepakatan ini berbunyi; Mematuhi protokol Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai diatur dalam Peraturan KPU tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Wali Kota sertentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam, Covid-19. Point kedua berbunyi; Dalam pelaksanaan kegiatan kampanye pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka, dan dialog, kami berkomitmen dan tetap konsisten terhadap waktu pelaksanaan yang tertuang dalam STTP yang telah dikeluarkan oleh Polres Kaimana. Point ketiga yang berisikan tentang kesepakatan berakhirnya kampanye pukul 21:00 WIT.

Sementara itu, pada point ke empat berbunyi; dalam hal ini kami tidak dapat melaksanakan ketentuan kesepakatan pada angka 1, 2 dan 3 diatas, kami siap menanggung segala bentuk konsekuensinya, baik untuk diri sendiri, maupun selaku penanggung jawab sebagai Ketua Tim Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Kaimana Tahun 2020, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Kami berharap dengan adanya kesepakatan bersama ini, maka semua pihak terutama tim kampanye dua pasangan calon kita, untuk berkomitmen sesuai dengan yang telah disepakati. Walaupun waktu yang diputuskan dan dituangkan dalam berita acara untuk segala aktifitas kampanye diakhir pukul 21:00 WIT Ini masih sementara, tetapi kami berharap kedua tim kampanye tetap mengacu pada kesepakatan tersebut. Waktu berakhirnya pelaksanaan kampanye ini akan disesuaikan dengan instruksi ataupun petunjuk lebih lanjut,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE.

Lanjut Karel, jika kesepakatan bersama tersebut dilanggar oleh tim kampanye pasangan calon, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan petunjuk dari Bawaslu RI yakni, pembubaran kampanye sampai di terapkannya sanksi adiminstrasi kepada pasangan calon yang melanggar kesepakatan tersebut.

“Semoga dengan adanya kesepakatan ini, tim kampanye dua paslon bisa memperhatikan hal ini, dalam rangka menciptakan sutuasi yang kondusif di Kabupaten Kaimana, terutama pada saat-saat kampanye ini,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *