Suku Koiwai Nyatakan Dukungan Pemilu Damai ke KPU Kaimana

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang damai dan sukses merupakan harapan seluruh masyarakat di Kabupaten Kaimana. Pilkada yang damai dapat terwujud, jika semua pihak bisa memainkan perannya masing-masing dengan baik, tanpa saling menjatuhkan antara satu dengan lainnya, termasuk dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

Penyerahan Pernyataan Sikap Suku Koiwai kepada Ketua KPU Kaimana

Hari ini, Rabu (1/9), suku Koiwai menyatakan sikapnya ke KPUD Kaimana bahwa suku Koiwai siap memberikan dukungan kepada KPUD Kaimana, Bawaslu Kaimana dan juga Kepolisian, untuk mensukseskan pemilu di Kaimana yang damai dan bermartabat. Demo damai suku Koiwai ini dipimpin langsung oleh Ketua Suku Koiwai Kabupaten Kaimana, Tahjudin S. Tambawang.

Setelah diterima oleh KPUD Kaimana di ruang audience, Tahjudin S. Tambawang langsung diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya. 5 point yang dituntut oleh suku Koiwai dalam surat pernyataan sikap tersebut antara lain; pertama, KPUD Kaimana diminta agar dalam melaksanakan tahapan pilkada di Kaimana, selalu berdasarkan pada aturan yang berlaku. Kedua, mendesak KPU Kaimana agar selalu bersikap netral dalam penyelenggaraan tahapan pilkada di Kaimana. Ketiga, dalam setiap tahapan pilkada, KPUD harus melakukannya secara terbuka dan transparan. Keempat, KPUD Kaimana harus menggunakan petugas lapangan yang professional. Kelima, KPU Kaimana untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pilkada Kaimana, guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kaimana.

Sementara itu, Ketua KPUD Kaimana, Kristianus Mathias Maturbongs dalam arahannya menegaskan bahwa KPUD tetap berkomitmen untuk melaksanakan seluruh tahapan secara terbuka dan transparan.

“Tahapan saat ini sudah sampai pada tahapan pleno tingkat PPS terkait data pemilih hasil coklit. Dalam melakukan seluruh tahapan, tentunya selalu kami lakukan secara terbuka dan transparan,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada Suku Koiwai yang sudah secara datang memberikan dukungan untuk pemilu damai di Kabupaten Kaimana.

“ Oleh karena itu, saya berharap kepada basudara sekalian, agar kita mengawal seluruh tahapan yang dilaksanakan KPU Kaimana, sehingga tidak ada kecurigaan didalam tahapan itu sendiri. Perlu kita semua mengawal proses tahapan ini dari awal sampai akhir, sehingga tidak ada polemik yang berkembang di masyarakat tentang KPUD Kaimana. Mari kita semua berpartisipasi agar pilkada di Kaimana ini bisa berjalan sukses dan damai, dan tentunya kami berharap agar tidak ada pemilih yang golput dalam pilkada ini. Karena pilihan kita hari ini untuk menentukan nasib kita dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Selain itu, Tahjudin juga menegaskan bahwa masyarakat suku Koiwai akan selalu siap memberikan dukungan kepada KPUD Kaimana, Bawaslu Kaimana dan pihak kepolisian, manakalah membutuhkan bantuan. “Kami siap backup KPU, Bawaslu dan Kepolisian jika dibutuhkan, untuk mensukseskan pemilu damai di Kabupaten Kaimana,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *