Lewi Oruw Positif Maju Bacaleg DPR-PB

Politik
Bagikan berita ini
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

KAIMANA, Honaipapua.com,- Salah satu kader Partai Golkar yang saat menjadi wakil rakyat duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaimana, Lewi Oruw, akhirnya memutuskan untuk hengkang maju mencalonkan diri sebagai Bakal Calon ke DPRD Provinsi Papua Barat.

Hal ini dilakukannya hanya untuk memperjuangkan aspirasi masarakat yang ada di Kaimana dan juga beberapa kabupaten/kota lainnya yang masuk dalam satu dapil dengan Kabupaten Kaimana.

Ketika ditemui Honaipapua.com di DPRD Kaimana, Kamis (28/6) kemarin, Lewi mengungkapkan, bahwa dirinya maju ke DPRD PB, maka lebih banyak ruang yang akan digunakannya untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ada di beberapa kabupaten/kota ini.

” Semua orang sudah tahu bahwa saya sudah tiga periode ini duduk di kursi DPRD Kaimana. Tetapi bukan karena itu lalu saya mau maju lewat provinsi. Tetapi saya melihat memang bahwa ada peluang-peluang yang bisa saya manfaatkan sebagai anggota DPRD provinsi itu, untuk bisa berbuat banyak untuk kabupaten Kaimana, Fakfak, Bintuni dan Teluk Wondama. Karena mereka ini adalah keluarga-keluarga saya walaupun berbeda kabupaten, “jelasya.

Menurutnya, dengan beralih ke DPRD provinsi maka dia akan lebih mudah dalam melakukan pengamatan dan pengawasan terkait dengan pembangunan dimasing-masing kabupaten secara umum dan menyeluruh.

” Jujur bahwa ketika berada di DPRD kabupaten, maka tentu kita juga akan terbawa dengan situasi kondisi yang ada didaerah. Sehingga tugas pengawasan kita hanya bisa jalan pada skup-skup tertentu saja. Tetapi kalau sudah di provinsi maka kita bisa melihat pembangunan yang ada di masing-masing kabupaten/kota secara lebih luas, melalui komisi-komisi yang ada. Sehingga kita bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat ini melalui komisi-komisi tadi, “ungkapnya.

Menurutnya, kondisi pendidikan yang ada di Papua Barat secara umum, merupakan salah satu alasan kuatnya untuk hengkang ke DPRD Provinsi Papua Barat.

” Yang sudah saya pikirkan adalah dana aspirasi ini. Khusus untuk dana aspirasi ini, jujur bahwa saya tidak ada nita untuk melakukan program melalui proyek-proyek fisik yang hanya mengutungkan satu dua pihak. Tetapi saya lebih melihat kepada pendidikan yang boleh dibilang masih belum optimal di Papua Barat ini,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, salah satu niatnya untuk maju ke provinsi, adalah bagaiman mendorong agar kabupaten/kota yang ada didapilnya ini, dalam hal pendidikan bisa jauh lebih bagus dari hari ini. Sangat miris memang, ketika kita melihat kondisi pendidikan kita di Papua Barat ini. khususnya Kaimana, masih banyak persoalan pendidikan yang belum diselesaikan secara baik, mulai dari angka putus sekolah, faktor guru, dan juga kebutuhan mahasiswa yang ada diberbagai kota studi.

” Sehingga kalau memang Tuhan berkenan dan memberikan saya kesempatan, maka tentu saya akan fokus saja soal pendidikan ini. Mungkin kalau ada dana aspirasi, maka saya akan gunakan itu untuk membantu LSM (bidang pendidikan) yang ada dimasing-masing kabupaten daerah pemilihan, “ungkapnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *