KPU Propinsi Papua Surati KPUD Mimika Segera Rapat Pleno DPT 

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Timika,Honaipapua,- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika sejak Rabu kemarin telah Menerima surat yang dikeluarkan dari KPU Propinsi untuk dilakukan Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal itu di sampaikan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto.SIK.MH, Senin (21/05).

Dari surat yang di terima KPUD Mimika dari KPU Propinsi, Kata Kapolres bahwa setidaknya KPUD Mimika bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan jadwal atau target waktu untuk dilaksanakannya Rapat Pleno Penetapan DPT.

” Harapan kita itu, KPU harusnya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan target. Seharusnya rapat pleno penetapan DPT sudah selesai sejak hari Rabu kemarin, dan sudah ada surat dari KPU Propinsi untuk dilaksanakannya rapat pleno penentuan DPT, “ungkap Kapolres Agung Marlianto.SIK.MH.

Kapolres menambahkan, bawah dirinya sangat menyayangkan KPU Propinsi dianggap terlalu cepat mengambil keputusan dan mengaktifkan kembali KPUD Mimika. Pasalnya, hal ini di karenakan masih banyak persoalan yang terjadi. Apalagi KPUD dan Pengawas Pemilihan Umum (PANWASLU) Kabupaten Mimika masih dijadikan Tersangka. Sebab dijadikan tersangka KPU Kabupaten Mimika, maka yang bersangkutan tidak boleh di berikan kewenangan itu, karena akan timbul kekawatiran dari pasangan calon.

” Kita menyayangkan kenapa KPU Propinsi sangat cepat aktifkan KPU Mimika, kan masih banyak persoalan, bahkan KPU dan Panwas Mimika saat ini juga masih dijadikan tersangka. Hal ini kan bisa menimbulkan pasangan calon merasa kawatir, karena bisa saja mereka mengulang kembali perbuatannya, bahkan menghilangkan barang bukti dan lain sebagainya, ” jelas AKBP Angung Marlianto.SIK.MH.

Namun selaku penegak Hukum,pihak POLRI dan TNI akan selalu siap mengawal jalanya proses Pemilu di kabupaten Mimika, dan hanya sebatas penegah saat di butuhkan.

Terrkait dengan Rapat Penetapan DPT Kabupaten Mimika, yang rencananya akan di laksankan KPUD pada Rabu (23/05), Kapolres sangat mengharapkan pentingnya koordinasi dan komunikasi serta kerjasama agar proses tersebut dapat pengawalan guna proses penetapan berjalan aman, dan tidak terulang seperti terjadi di hotel Cenderawasih 66.

” Yang terpenting adalah kordinasi atau komunikasi dan kerja sama, itu etika kelembagaan. Dengan tujuan untuk penetapan DPT. POLRI yang bekerja sama dgn TNI akan siap. Intinya kita akan berikan yang terbaik, asalkan itu tadi, beritahukan kami dan informasikan ke kami komonikatif gitu, jangan melaksanakan kegiatan kita tidak di beritahu, ” Kata Kapolres di kantor KPUD Mimika sore tadi.

Sementara terkait tempat pelaksanaan kegiatan Rapat Pleno DPT, pihak keamanan belum mendapatkan info yang pasti, akan tetapi pihak keamanan akan selalu siap mengawal jalannya Pleno DPT itu, karena tempat dan jadwal pelaksanannya adalah tanggung jawab KPUD dan apabila KPU akan berkordinasi dengan pihak Polres terkait tempat dirinya selaku Kapolres di Mimika akan siap membatu. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *