KPU Kaimana Sosialisasikan Tata Cara Pencalonan Jalur Parpol

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Menyambut tahapan Pencalonan Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan awal September yang akan datang, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana menggelar sosialisasi tata cara Pencalonan melalui jalur partai politik yang tertuang didalam PKPU No 1 Tahun 2020.

Nampak Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Jalur Partai Politik

Kegiatan ini dilaksanakan di meeting room kantor KPUD Kaimana, Rabu (19/8). Hadir dalam kegiatan ini, seluruh partai politik peserta pemilu yang ada di Kabupaten Kaimana. Hadir juga dalam kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Kaimana.
Ketua KPU Kabupaten Kaimana, Kristianus Mathias Maturbongs dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh Bakal Calon dan partai politik.

“Hari ini KPU Kaimana melaksanakan sosialisasi PKPU Nomor 1 Tahun 2020 perubahan atas PKPU Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pencalonan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota,” ungkapnya.

Kristianus juga mengatakan bahwa seluruh bakal calon dan Parpol harus bisa mengetahui secara jelas tentang semua hal yang berkaitan dengan pendaftaran bakal calon. “Sosialisasi ini penting agar para bakal calon dan partai politik dapat mengetahui secara jelas, sehingga pada saat pendaftaran tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

Lanjut Kristianus, pemahaman yang sama terkait tahapan Pencalonan atau pendaftaran partai politik ini juga merupakan salah satu tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi hari ini.

“ Kedua bahwa kami harapkan agar dengan sosialisasi ini, semua pihak, baik itu bakal calon maupun partai politik pendukung harus memiliki pemahaman yang sama. Demikian juga agar bakal calon dapat mempersiapkan diri dengan baik, sebelum pendaftaran dibuka, sebab ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pada saat pendaftaran. Persyaratan lainnya yang juga cukup penting yakni; surat dukungan kepada bakal calon, surat duikungan partai politik kepada bakal calon. Persyaratan berupa surat dukungan ini juga harus diserahkan langsung oleh masing-masing pimpinan partai politik,” lanjutnya.

Kristianus juga berharap agar pada saat pelaksanaan tahapan Pencalonan, seluruh bakal calon dan partai politik harus memperhatikan protokol kesehatan.

“Karena hal ini juga menjadi kewajiban kami untuk menyampaikan, karena kami dalam setiap tahapan juga selalu menerapkan protokol kesehatan, maka kami berharap agar, pada saat Pencalonan pun, seluruh bakal calon dan partai politik harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk untuk seluruh simpatisan ya masing-masing,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *