KPU Kaimana Gelar Rakor Pelaksanaan Kampanye dengan Parpol

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Dalam rangka mengoptimalkan tahapan kampanye yang akan dilaksnakan oleh pasangan calon dan partai politik, maka KPUD Kaimana menggelar rapat koordinasi teknis pelaksanaan kampanye dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kaimana tahun 2020.

Rapat koordinasi ini juga melibatkan Bawaslu Kabupaten Kaimana, Kepala Kesbangpol, Kasat Intel Polres Kaimana. Rapat koordinasi ini lebih fokus kepada hal-hal yang berkaitan dengan kampanye.

Nampak, suasana Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2020

“ Hari ini kami mengundang seluruh pihak terkait, terutama Parpol dan Pasangan Calon, sehingga tahapan kampanye ini bisa berjalan baik,” ungkap Ketua KPU Kaimana, Kristianus Mathias Maturbongs, S.Sos.

Sementara itu, Divisi SDM KPU Kaimana, Talib Ali Fidmatan mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan untuk menyatukan persepsi dan pandangan terkait pelaksanaan kampanye yang sudah mulai dilakukan sejak 26 September sampai 5 Desember 2020.

“Artinya, kami KPU ingin agar semua kita bisa sepaham. Akan dibahas juga sebentar soal kampanye melalui media sosial, facebook. Kalau dari Terkabul memang mereka sudah melaporkan akun resmi tim, tetapi masih belum lengkap, karena belum ada penanggung jawab, karena berkas ini kami juga akan sampaikan ke Bawaslu tetapi juga untuk Polres Kaimana,” ungkapnya.

Hal-hal lain yang juga dibicarakan dalam pertemuan ini adalah metode kampanye yang tidak diizinkan seperti rapat atau kampanye terbuka.

“ Menyambung sosialisasi tanggal 25 September kemarin, KPU menyampaikan bahwa sudah ada keputusan KPU terkait jadwal umum. Jadwal umum itu juga yang sudah kami dapatkan dari KPU. Kalau memang jadwal umum itu sudah diterima juga oleh paslon, maka jangan ada alasan lagi bahwa paslon belum dapat jadwal dan lain sebagainya. Sehingga kami juga berharap agar kedua paslon juga bisa mengikuti jadwal yang sudah ada. Seuingga bisa meminimalisir potensi gesekan pada saat dilakukan kampanye,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE.

Menurutnya satu hal lagi yang patut dipertimbangkan oleh paslon dan KPU adalah terkait waktu pelaksanaan.

“Kami hanya mempertimbangkan dari sisi keamanan, pada saat pelaksanaan kampanye. Sehingga waktu kampanye kedua paslon juga harus dipertimbangkan baik, sehingga jangan sampai pada hari yang sama, dua paslon melakukan kampanye disatu tempat. Karena kalau seperti itu, maka pasti akan ada gesekan. Kampanye ini kan dengan maksud untuk menyampaikan visi dan misi dari kedua calon. Oleh karena itu, kita semua wajib memahami dan satu pandangan soal pelaksanaan kampanye yang aman dan damai, tanpa ada keributan disana-sini,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *