Jalankan Tahapan Pilkada, KPUD Menunggu Kepastian APD dari Pemda Kaimana

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -KPUD Kabupaten Kaimana hingga saat ini belum menerima APD dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana. Pasalnya hal ini sudah dibicarakan oleh KPUD Kaimana, Bawaslu Kaimana dengan Pemerintah Daerah dalam satu pertemuan beberapa waktu yang lalu, terkait pelaksanaan tahapan Pilkada.

Ketua KPUD Kaimana, Kristianus Maturbongs, S.Sos ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (2/7) mengakui bahwa hingga saat ini, pihaknya belum menerima APD seperti yang sudah disepakati bersama. Menurutnya, APD ini merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena sudah diatur dalam PKPU terkait pelaksanaan Pilkada.

“ Memang beberapa waktu yang lalu, kami pernah bertemu dengan pemerintah daerah untuk membahas hal ini. Dan waktu itu, kesepakatannya bahwa APD ini akan disiapkan oleh pemerintah daerah Kaimana. Tapi sampai saat ini belum ada kepastian terkait hal ini. Jujur bahwa KPU saat ini juga sangat dilemma, karena dalam aturan itu, diharuskan untuk menerapkan protocol kesehatan dalam pelaskanaan setiap tahapan pilkada. Saat ini tahapan sudah mulai dilaskanakan kembali sejak tanggal 15 Juni yang lalu, sehingga kami berharap agar pemerintah daerah bisa memperhatikan hal ini, minimal masker untuk pelaksanaan setiap tahapan,” ungkapnya.

Menurutnya, jika APD ini tidak ada, maka kemungkinan besar tahapan pilkada tidak akan berjalan optimal. “ Dalam aturan itu jelas dikatakan bahwa dalam pelaksanaan setiap tahapan, harus memperhatikan protocol kesehatan. Jadi, kami berharap agar hal ini bisa diperhatikan, sehingga pelaksanaan tahapan pilkada tidak terganggu,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon,SE

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (2/7) mengakui bahwa Bawaslu tetap mengacu pada regulasi yang sudah dikeluarkan oleh KPU RI.

“ Menindaklanjuti Surat Bawaslu RI Nomor 0351/K.Bawaslu/PM.00.00/6/2020 tanggal 19 Juni 2020 perihal pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah pada masa pandemic Covid-19 pada huruf C angka 2 tentang tata cara pelaksanaan pengawasan huruf c. Atas dasar itu, maka Bawaslu sudah menyurati KPU Kaimana tertanggal 29 Juni kemarin, untuk saran perbaikan pelaksanaan tahapan dengan protocol kesehatan yang mana hingga saat ini APD-nya belum diserahkan,” ungkapnya.

Menurutnya, sesuai dengan protocol kesehatan, maka harusnya kegiatan dalam tahapan yang bersifat mengumpulkan orang dalam jumlah tertentu yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kaimana, PPD, PPS, PPDP atau KPPS se- Kabupaten Kaimana, dan kegiatan dalam tahapan yang dilaksanakan dalam ruangan berupa rapat pleno terbuka, rapat koordinasi, bimbingan teknis, sosialisasi harus memperhatikan protocol kesehatan dimaksud,” ujarnya.

Karolus juga berharap agar semua pihak bisa memberikan dukungan sehingga pelaksanaan tahapan pilkada di Kabupaten Kaimana bisa berjalan lancar, tentunya dengan memperhatikan protocol kesehatan yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Jika dalam pelaksanaan tahapan KPU tidak mengikuti protocol kesehatan yang sudah diberikan maka akan masuk dalam dugaan pelanggaran administrasi, lalu akan kami proses tuk saran perbaikan; lisan, tertulis dan represifnya ya etik,” ungkapnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *