Bupati Mairuma Himbau Simpatisan Dua Paslon Tahan Diri

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Tahapan pemungutan suara sampai saat ini terus berjalan dan akan berakhir pukul 13:00 WIT dan akan masuk ke tahapan selanjutnya yaitu perhitungan suara. Masing-masing kubu dari kedua paslon juga nantinya akan ikut memantau hasil perhitungan suara lewat poskonya masing-masing.

Bupati Kaimana, Drs.Matias Mairuma, MM yang juga selaku pembina politik di Kabupaten Kaimana meminta kepada massa simpatisan dua pasangan calon untuk menahan diri dan menunggu hasil perhitungan suara. Bupati Mairuma juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menciptakan situasi kondisi keamanan yang kondusif.

Hal ini disampaikannya ketika dikonfirmasi usai mencoblos di TPS 05 Rumah Negara Krooy Kaimana, Rabu (9/11).

“Oleh karenanya, pak Presiden selalu menyampiakan bahwa, sebetulnya ini adalah pesta rakyat. Jadi kalau pesta rakyat berarti jangan saling gontok-gontokkan. Memang pemahaman dan pemaknaan politik masyaraka kita ini kan berbeda-beda, begitu juga antar komunitas yang ada,” ungkapnya.

Menurutnya, hari ini adalah puncak dari proses demokrasi pilkada yang ada di Kaimana dan harusnya tensinya sudah mulai berkurang.

“Sejak persiapan awal sampai pada hari ini yang juga adalah puncaknya, harusnya tensi itu sudah mulai berkurang atau menurun, sambil kita menunggu rekapitulasi tingkat TPS dan nantinya akan dilanjutkan rekapitulasi tingkat distrik. Jadi sebagai pembina politik di Kabupaten Kaimana, maka saya menghimbau kepada kita-kita ini untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada masyarakat. Begitu juga untuk pendukung masing-masing pasangan calon. Kenapa harus rebut-ribut. Pesta ini tidak mungkin diulang lagi dan nanti akan dilaksanakan lagi di tahun 2024. Semua persiappan dan lain-lain itu, puncaknya hari ini dan kita harus terima hasil yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos,MH ketika dikonfirmasi di TPS 05 Rumah Negara Krooy Kaimana juga berharap agar tidak ada gesekan antara massa simptisan 01 dan 02.

“Yang kita harapkan ketika sebentar perhitungan suara, barangkali mungkin sampai malam atau besok. Ketika hasilnya didapat, itu tidak ada masalah. Kaimana ini tetap tenang, semua orang tetap beraktifitas seperti biasa, karena itu adalah pilihan. Pilihan itu mau benar atau salah, itu adalah pilihan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut Wabup Ismail, proses perhitungan suara juga harus dilakukan dengan menjunjung tinggi asas kejujuran. “Jadi harus jujur dan tidak ada penyimpangan-penyimpangan. Kenapa demikian? Karena ketika kita berbicara demokrasi dan inputnya itu sudah salah, maka proses selanjutnya juga pasti akan salah. Karena ini adalah pesta demokrasi lima tahun sekali, sehingga kita harus junjung tinggi itu, karena siapapun yang menjadi pemimpin, dialah pemimpin kita semua, tetapi harus secara jujur, adil dan bijaksana,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *