Besok, DPRD Kirim Dokumen Pengusulan Kepala Daerah ke Gubernur

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Sesuai dengan hasil rapat paripurna internal DPRD Kaimana yang dilaksanakan pada Senin (22/2) kemarin, berkas pengusulan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah terpilih untuk Kabupaten Kaimana akan dilayangkan, Rabu (24/2) besok ke Gubernur Provinsi Papua Barat. Hal ini diungkapkan salah satu anggota DPRD Kabupaten Kaimana, yang juga adalah mantan Ketua DPRD Kabupaten Kaimana, Frans Amerbay, SE ketika dikonfrimasi, usai paripurna penyampaian pengumuman penetapan bupati dan wakil Bupati Kaimana terpilih 2020.

Frans Amerbay, SE

Menurutnya, sesuai dengang regulasi, DPRD hanya mempunyai waktu lima hari setelah mendapatkan dokumen dari KPU Kabupaten untuk melakukan paripurna dan menyerahkan dokumen pengusulan pengangkatan dan pemberhenetian kepala daerah ke gubernur.

“Sesuai dengan amanat perundang-udangan, DPRD mempunyai waktu lima hari untuk menyampaikan kepada gubernur. Sesuai dengan hasil rapat paripurna internal kemarin, kalau memang dokumen atau administrasinya tidak bermasalah, maka rencananya secepatnya dokumen ini diserahkan ke gubernur, dan akan diserahkan besok. Ini yang dibicarakan kemarin,” ungkapnya.

Lanjut Frans, dalam rangka mempercepat proses administrasi yang harus berproses di provinsi dan kementerian, sehingga daerah juga diminta untuk mempercepat proses pengusulan kepala daerah terpilih tersebut.

“Berarti kan kita agak cepat. Karena memang, dari kementerian dalam neheri juga sudah meminta agar dipercepat prosesnya. Karena kaitan administrasi ini, harus diproses dulu di provinsi, kemudian akan berproses juga di kementerian. Sehingga kementerian mendesak agar prosesnya dipercepat. Kemudian ketika prosesnya sudah selesai di kementerian, maka akan diteribitkan SK kepala daerah,” ujarnya.

Ketika disinggung soal pelantikkan bupati dan wakil bupati terpilih, lanjut Frans, daerah akan menunggu petunjuk dari kementerian. “Artinya saat ini kan masih berproses, dan hari ini baru dilaksanakan paripurna pengumuman penetapan bupati dan wakil bupati terpilih. Besok dokumen pengusulan akan diserahkan ke gubernur dan nanti akan diteruskan ke kementerian. Setelah semua itu berproses barulah penerbitan SK, dan pelantikkan kepala daerah. Kita menunggu saja, petunjuk dari kementerian. Intinya bahwa, paripurna pengumuman penetapan Bupati dan wakil Bupati terpilih tahun 2020, serta pengumuman masa akhir jabatan bupati dan wakil bupati 2016 – 2021 sudah kita laksanakan hari ini. Kita menunggu proses ini dia berjalan sampai nanti pelantikkan,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *