Bawaslu Pastikan Pelantikan Panwascam 23 Desember

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi Panwaslu kecamatan, beberapa waktu yang lalu, dan sampai pada penetapan hasil seleksi pada 19 Desember kemarin, akhirnya Bawaslu memastikan untuk melantik 21 Panwascam se-Kabupaten Kaimana ini tanggal 23 Desember 2019 besok.Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE melalui press rilisnya, Jumat (20/12).

Menurutnya, seluruh tahapan mulai dari seleksi sampai penetapan berjalan aman dan lancar, dan Bawaslu telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan pelantikkan yang akan dilaksanakan Senin pekan depan.

“Bawaslu Kabupaten Kaimana melalui Pokja Pembentukan Panwas Distrik se-Kabupaten Kaimana, telah melakukan proses sejak pengumuman pada 22 November 2019, pendaftaran 27 November – 3 Desember, perpanjangan pendaftaran untuk distrik Etna dan Teluk Arguni Bawah 6 – 10 Desember, Tes Tertulis dengan metode online socrative pada 13 Desember dan masuk pada sesi wawancara pada 14 – 16 Desember yang lalu. Dan pokja juga telah menyerahkan hasil tes kepada komisioner Bawaslu Kaimana guna penetapan 3 orang calon terpilih,” ungkapnya.

Pria yang kerap disapa Karel ini, mengatakan bahwa, pengumuman hasil seleksi panwascam ini juga sudah diumumkan sampai ke distrik-distrik sejak 18 Desember yang lalu.

“Dari 21 nama yang telah diumumkan pada tanggal 19 Desember itu, ada satu calon terpilih yang mengundurkan diri dengan alasan pribadi. Alasan pengunduran diri yang bersangkutan ini juga sudah dinyatakan dalam surat pernyataan pengunduran diri dan selanjutnya kami komisoner melakukan rapat pleno untuk menggantikan yang bersangkutan. Yang bersangkutan akan diganti oleh peringkat ke 4 dari enam calon terpilih yang sudah ada,” ujarnya.

Terkait dengan persiapan pelantikkan, lanjut Karel, pelantikan akan dilaksanakan di Grand Papua Hotel (23/12) besok dan akan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat.

“Rencananya pelantikan hari Senin besok pukul 09:30 WIT sampai selesai. Dan rencananya, besok undangan sudah mulai disebarkan atau didistribusikan kepada Bawaslu Provinsi Papua Barat dan stakeholder di Kabupaten Kaimana. Hari Minggu besok direncanakan gladi bersih pelantikkan,” tuturnya.

Karel juga berharap kepada seluruh panwascam terpilih dan akan dilantik pada Senin (23/12) besok untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

“Ini yang perlu kami sampaikan kepada panwascam terpilih untuk mempersiapkan dirinya menjelang pelantikan. Karena usai pelantikan masuk dalam agenda atau tahapan pilkada Kaimana, maka diharapkan semuanya bisa secara mandiri untuk meningkatkan kapasitasnya. Hal-hal apa saja yang belum jelas, kami harap supaya dikomunikasikan dengan komisoner Bawaslu Kabupaten. Sehingga ilmu ataupun pengetahuan yang sudah diberikan kepada mereka, bisa memudahkan mereka dalam melakukan pengawasan pada pilkada ini. Pilkada kali ini juga merupakan tantangan bagi kita untuk membuktikan bahwa kita bisa melaksanakan tugas kita dengan baik, dan meraih sukses pengawasan mulai dari tingkat TPS hingga tingkat Kabupaten,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *