Bawaslu Kaimana Pastikan Gelar Rakor Gakkumdu Besok

Politik
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu Kaimana) memsatikan bahwa besok, Kamis (5/3) akan dilaksanakan rakor gakumdu di Grand Papua Hotel Kaimana. Rencananya Bawaslu Kaimana juga akan mengundang Pembina dari tingkat provinsi. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (4/3).

Dirinya menegaskan bahwa sprint penugasan anggota baik dari unsur Polres Kaimana dan Kejaksaaan Kaimana sudah ada, dan tinggal melaksanakan tugas sebagai anggota Gakkumdu pilkada Kaimana 2020.

“ Untuk sprint anggota gakkumdu ini sudah ada. Jadi sebenarnya rakornis gakkumdu ini sudah dilaksanakan akhir Februari kemarin. Hanya kemarin itu kan bertepatan dengan pergantian kapolres dan mungkin kapolres ada kesibukan dan ada kegiatan lain lagi, sehingga baru kita laksanakan besok. Dan memang untum mencari waktu yang tepat ini agak sulit,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, Rakor Gakkumdu ini dilaksanakan usai pelaksanaan kegiatan rakornis gakkumdu di Tangerang beberapa waktu yang lalu.

“ Pimpinan Bawaslu Provinsi Papua Barat ini kan mereka baru selesai mengikuti kegiatan terkait gakkumdu ini tanggal 27 Februari kemarin. Sehingga dalam kegiatan besok juga, kami mengundang pimpinan dari provinsi yang mengikuti kegiatan di Tangerang tersebut, sehingga mungkin ada hal-hal atau arahan yang bisa disampaikan ke kami yang dibawah ini,” ujarnya.

Karolus juga mengatakan bahwa, anggota gakkumdu untuk tingkat kabupaten/kota maksimal 15 orang sesuai dengan aturan yang ada.

“ Kalau untuk anggota, ditingkat kabupaten/kota itu maksimal 15 orang, dengan rincian; unsur Bawaslu enam orang, unsur kepolisian enam orang dan unsur kejaksaan tiga orang. Tetapi ditambah dengan tiga penasihat, tiga pembina dan coordinator. Khusus untuk pembina dan coordinator ini adalah orang yang sama tetapi memegang dua jabatan itu. Kalau untuk penasihat ini langsung ada pada masing-masing pimpinan instansi. Kalau dari unsur Polres ada pada Kapolres, dari Bawaslu ada pada Ketua Bawaslu dan dari Kejaksaan ada pada Kajari,” tuturnya.

Lanjut Karolus, dari ketiga unsur yang masuk dalam gakkumdu yakni, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan, baru satu unsur yang sudah mengikuti pelatihan tentang gakkumdu.

“Jadi untuk pelatihan khusus gakkumdu, baru kepolisian yang sudah laksanakan itu pada tanggal 7 Februari yang lalu di Mabes POLRI. Jadi dari penyidik polres sudah mengikuti pelatihan penyidik untuk tindak pidana pemilu dan juga system laporannya. Mungkin nanti akan diagendakan untuk Bawaslu dan juga Kejaksaan,” jelasnya.

Karolus juga mengatakan bahwa saat ini Gakkumdu sudah mulai jalankan tugasnya. “ Kami berharap dengan adanya sprint dari masing-masing instansi ini agar semuanya sudah mulai bekerja. Kami juga berharap agar koordinasi dan komunikasi tetap terbangun dengan baik, sehingga proses penanganan tindak pidana (kalau ada) bisa berjalan baik. Dengan terbentuknya Gakkumdu ini diharapkan proses demokrasi bisa berjalan lancar dan bisa mencapai sukses,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *