Pemda Kaimana Lounching 5 Bus Sekolah Gratis untuk Layani 5 Rute

Peristiwa
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kaimana terutama kemudahan bagi orang tua wali dan juga pelajar di kota Kaimana, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana, melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga mulai September 2021 ini, menyediakan lima bus sekolah gratis untuk seluruh pelajar di ibu kota Kabupaten Kaimana.

Kegiatan lounching ini juga ditandai dengan pengguntingan pita disalah satu bus, yang sudah ditempeli pita peresmian, oleh Bupati Kaimana, Freddy Thie, yang juga disaksikan oleh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini.

Bupati Kaimana dalam sambutannya mengatakan bahwa penyediaan sarana transportasi gratis berupa bus sekolah bagi peserta didik ini, merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mendukung optimalnya pelayanan pemerintah, khususnya dibidang pendidikan.

Program ini dilaksanakan berkat kerjasama yang baik antara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan Pemerintah Daerah, sehingga hari ini kita bisa lounching lima bus sekolah gratis untuk melayani lima rute.

” Program ini juga akan dievaluasi dari waktu ke waktu, manakala nanti kedepannya perlu penambahan armada, ataupun ada hal-hal lain demi perbaikan dan pelayanan kepada adik-adik kita, yang sebentar lagi akan melakukan sekolah tatap muka terbatas, “ungkapnya.

Bupati Freddy juga menegaskan bahwa, ketika sekolah tatap muka terbatas dilakukan, maka semua pihak baik itu guru maupun peserta didik, tetap mengacu pada protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Kemarin waktu bapak gubernur ke Kaimana, beliau mengatakan bahwa, di provinsi, mereka sudah lounching merdeka pelajar. Artinya bahwa sudah saatnya untuk adik-adik kita bisa bertatap muka secara terbatas dengan guru, karena sudah cukup lama sekolah ini jalan, baik melalui daring maupun luring.

” Kami juga berharap agar pada saat pelaksanaan tatap muka terbatas, semua pihak, baik peserta didik maupun guru, bisa mengikuti anjuran pemerintah yakni dengan mentaati protokol kesehatan, “ujarnya.

PLT. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaimana, Drs. Ray Ratu D. Come, menyampaikan bahwa, program bus gratis untuk masyarakat ini merupakan salah satu program prioritas dari sekian program prioritas kepala daerah saat ini.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk upaya pemerintah daerah untuk mewujdukan amanat visi dan misi kepada daerah dibidang pendidikan. Penyediaan bus sekolah gratis ini juga merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah Kabupaten Kaimana, untuk meringankan beban orang tua wali murid dalam menghadapi pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi Covid-19 ini, “ungkapnya.

Sementara itu, 5 unit bus sekolah gratis ini, dua diantaranya merupakan bus pinjam pakai dari sekretariat daerah Kabupaten Kaimana. 5 bus sekolah gratis ini akan melayani 5 rute yang sudah dibagi yakni; Rute 1 (Coa, Renoma, Pondok Kelapa, SMK, Pasir Lombo, Bantemin, Air Merah, Krooy dan kota), rute 2 (Airport, Kampung Trikora, Bantemi, Krooy dan kota, rute 3 (Batalyon, Batu Putih, Krooy dan kota, rute 4 yakni; Kilo Nol, Batu Putih, Krooy dan kota, serta rute 5 (Kota, Krooy, Bantemi, Trikora dan Coa), dengan waktu pelayanan mulai dari pukul 06:00 WIT sampai pukul 14 siang.

” Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan dan bantuannya selama ini sehingga program ini bisa terlaksana. Kami juga menyadari bahwa layanan penyediaan bus gratis ini masih teradapat kekurangan, baik dalam hal kualitas ataupun kuantitas dari bus yang tersedia. Tetapi juga mungkin dalam pelaksanaannya , pelayanan bus gratis ini belum dapat memenuhi ekspektasi sebagian kita. Untuk itu kami berkomitmen, untuk terus nmeningatkan kualitas layanan bus sekolah ini ke depan, “pungkasnya. (edo)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *