JOB Pertamina–PetroChina Salawati tidak terbukti cemari Sungai Maralol

Peristiwa
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sorong, Honaipapua.com,-Terkait dengan pemberitaan media Honaipapua.com dan beberapa media online: Papuabarat.antaranews.com tanggal 30 April 2019; iNews.id tanggal 01 Mei 2019; ANTARA News Banten tanggal 30 April 2019; Jurnal Sumatra.com  dengan berita Ikan Sungai Maralol mati diduga pencemaran Pertamina – JOB, dijawab oleh JOB Pertamina – PetroChina Salawati (JOB P-PS) bahwa tidak ada pencemaran air di Sungai Maralol yang diakibatkan oleh limbah dari operasi JOB P-PS yang ditunjukkan dengan hasil pengecekan air yang dilakukan oleh laboratorium independen terakreditasi KAN secara rutin.

Dalam kegiatan operasional, JOB P-PS telah melakukan pengolahan air limbah produksi sebelum dibuang di Sungai Maralol, melakukan pengujian terhadap kualitas air limbah dan air Sungai Maralol secara rutin serta melaporkan kepada KLHK, Dinas LH Kabupaten Sorong dan Dinas LH Provinsi Papua Barat. JOB P-PS juga telah memiliki Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC) air terproduksi.

Pengujian lab air limbah terproduksi oleh laboratorium independen terakreditasi KAN setiap bulan dan dilaporkan setiap 3 bulan sekali kepada KLHK, Dinas LH Kabupaten Sorong dan Dinas LH Provinsi Papua Barat.
Pengujian lab air Sungai Maralol oleh laboratorium independen terakreditasi KAN setiap 6 bulan dan dilaporkan kepada KLHK, Dinas LH Kabupaten Sorong dan Dinas LH Provinsi Papua Barat
Pada tanggal 2 Mei 2019 JOB P-PS melakukan pengambilan sampel air dan melakukan pemeriksaan langsung dengan menyelusuri titik lokasi yang diduga terjadi pencemaran di Sungai Maralol dan tidak ditemukan adanya indikasi pencemaran.
Pada tanggal 3 Mei 2019 POLRES Sorong juga telah melakukan pemeriksaan langsung dengan menyelusuri titik lokasi yang diduga terjadi pencemaran di Sungai Maralol dan tidak ditemukan adanya indikasi pencemaran.

Pada tanggal 9 Mei 2019 JOB P-PS, SKKMigas Pamalu dan Dinas KLH Pemkab Sorong telah membahas terkait adanya dugaan terjadinya pencemaran di Sungai Maralol dan disimpulkan tidak ada pencemaran di Sungai Maralol yang diakibatkan oleh kegiatan operasional JOB P-PS.

Didapat informasi dari masyarakat disekitar Sungai Maralol adanya kebiasaan masyarakat yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan akar bore.
JOB P-PS menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan akar bore dalam penangkapan ikan di Sungai Maralol serta melakukan konfirmasi kebenaran dan keakuratan informasi JOB P-PS akan melakukan patroli di sepanjang Sungai Maralol dan tetap rutin menguji sampel air Sungai Maralol, serta menyampaikan laporan hasil laboratorium independen terakreditasi KAN kepada pihak-pihak seperti telah berjalan selama ini. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *