Dinkes Maybrat Rayakan Ibadah Syukur Hari Kesehatan Nasional

Peristiwa
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Maybrat,Honaipapua.com, -Dinas kesehatan kabupaten Maybrat adakan ibadah syukuran menyongsong hari ulang tahun kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 yang dilaksanakan di rumah RS Prtama, Selasa (12/11/2019).

Ibadah syukuran HKN ke -55 tahun 2019 di pimpinan oleh ketua bakal Klasis Aifat Pdt.Pithen Untayanan ,S.Th, yang mana dalam khotbahnya, dikatakan bahwa Hidup ini adalah kesempatan untuk melayani Tuhan jangan sia-siakan waktu yang Tuhan bri sebab hidup ini sudah jadi berkat.

Setiap orang bangga menjadi pelayanan dalam pekerjaan tertentu, setiap orang wajib mengerjakan tugas rutin dalam hidup kita walaupun kita bosan. Walaupun tugas rutin itu kita lakukan maka celakalah.

Sebagai tugas yang diberikan bagi setiap orang maka wajib melakukan itu sehingga pada suatu saat menghadapi sang pencipta dapat dipertanggungjawabkan dihadapanya.

Sambutan Bupati Maybrat, yang dibacakan oleh Asisten I bidang pemerintahan, Dra.Yohana Iek, menyampaikan, Generasi Sehat Indonesia Unggul merupakan tema dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di akhir periode pembangunan 2015-2019 ini.

Selain dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia, dan SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi masyarakat dikabupaten Maybrat.

Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian kegiatan yang tidak saja dimiliki oleh Kementerian Kesehatan, tetapi juga oleh pemerintah daerah, Kementerian/Lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademisi, bahkan hingga sektor swasta.

Dengan semakin banyak pihak terlibat, potensi untuk bergerak sinergis menjadi semakin besar, sehingga keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan dapat dicapai.

Lanjut Yohana Iek, Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Tema peringatan HKN tahun 2019 adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

Strategi Pembangunan Kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar, yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

Yohana Iek berharap, Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka saat bonus demograf nanti mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.

” Saya berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, “harapnya.

Momentum Hari Kesehatan ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.
Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,”Tutup Yohana Iek.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, Dr.Nelce Kambuaya, mengatakan, ditahun ini kami merayakan HKN ke 55 tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, karena kali ini kita bisa Rayakan HUT HKN yang dipusatkan di rumah sakit Pratama kabupaten Maybrat.

” Kami menyampaikan kepada semua publik bahwa kabupaten Maybrat sudah miliki bangunan Rumah sakit yang sangat presentatif dan dilengkapi dengan Meubilernya kemudian dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Bupati Maybrat .

Dinas kesehatan kabupaten Maybrat berencana pada tanggal 23 November akan diadakan bakhti sosial rumah sakit Pratama kabupaten Maybrat, yang akan melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Se-Sorong Raya untuk hadir memberikan pelayanan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, karena masyarakat Maybrat hampir semua berada pada pinggiran yang jauh dari ibu kota, sehingga perlu adanya pelayanan yang lebih mendekatkan kepada masyarakat, “tutup Nelce Kambuaya. (ones)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *