Tenaga Didik Peringati HUT IGTKI Ke 68

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

KAIMANA, Honaipapua.com,- Seluruh Guru TK/PAUD yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia kabupaten Kaimana, memperingati HUT IGTKI yang ke-68.

Kegiatan ini dilakukan secara sederhana dengan upacara bendera peringatan HUT, yang melibatkan seluruh anggota organisasi IGTKI.

Yang menariknya bahwa upacara apel bendera ini lebih banyak diisi oleh anak-anak TK yang sudah terpilih dari beberapa sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa cinta kepada Negara dan bangsa Indonesia sejak usia dini.

Kepala dinas pendidikan kabupaten Kaimana, Luther Rumpombo, S.Pd ketika dikonfirmasi usai upacara peringatan, mengungkapkan, secara umum, pendidikan TK/PAUD di kabupaten Kaimana, semakin hari sudah semakin baik dari segi kualitasnya.

” Dengan semakin bagusnya peningatkan kualitas pendidikan diusia dini ini, menunjukan bahwa para pendidik sudah berhasil untuk membentuk karakter anak didik. Tapi kami berharap agar jangan kita sampai terlena, karena kedepannya tantangan-tantangan baru akan terus kita hadapi, sehingga peningkatan kompetensi tenaga pendidik juga harus bisa terus dilakukan, “ungkapnya kepada media ini Rabu (22/5) kemarin.

Kaitan dengan pendidikan berkarakter, lanjut Rumpumbo, sejak dari sekolah usia dini, pendidikan berkarakter ini sebenarnya sudah diajarkan dan sudah dibentuk. Hanya saja, perlu juga diperhatikan oleh orang tua siswa agar karakter dan mental yang sudah terbentuk tersebut, harus tetap dijaga, ketika anak sudah memasuki jenjang sekolah dasar.

Sementara itu, ketua IGTKI kabupaten Kaimana, Nurhayati Letsoin, S.Sos mengungkapkan, melalui pendidikan usia dini TK/PAUD, diharapkan dari tahun ketahun, generasi penerus Kaimana bisa lebih baik lagi dalam hal karakter sebagai anak bangsa, ketika dia mulai remaja, kelak sampai dewasa nanti.

Mengutip pidato bapak menteri pendidikan pada peringatan HARDIKNAS 2017 yang lalu, yang secara singkat beliau menyampaikan bahwa, kita para pendidik sangat berkeinginan anak-anak Indonesia mengutamakan tumbuhnya pendidikan karakter, baik karakter moral maupun karakter kinerja sejak usia dini secara seimbang, sehingga menjadi pemandu bagi pendidikan dalam menghadapi segala tantangan masa depan.

Untuk itu, Nurhayati berharap agar pengurus dan anggota IGTKI kabupaten Kaimana, lebih meningkatkan kompetensi diri dalam rangka menghadapi segala kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, yang menjadi tantangan semakin berat di masa yang akan datang, sesuai dengan tema HUT IGTKI ke-68, yaitu, Memabangkitkan Solidaritas Guru dan Soliditas Organisasi IGTKI-PGRI Untuk Meningkatkan Kompetensi Serta Kemajuan Teknologi Menuju Pendidikan Berkualitas.

Wakil bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos, MH, dalam amanahnya, meminta kepada seluruh tenaga pendidik khususnya yang ada di TK dan PAUD agar terus meningkatkan kinerja, sehingga generasi muda Kaimana bisa dibentuk dengan lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

” Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada IGTKI dimana dalam wadah ini menampung seluruh anggota tenaga pendidikan baik PAUD maupun TK yang ada di kabupaten Kaimana. Ini menjadi momen yang sangat baik bagi kita, baik pemerintah daerah, dinas pendidikan dan juga pelaku-pelaku pendidikan di Kaimana ini, agar terus memberikan perhatian dan keseriusan terkait dengan kemajuan pendidikan ditingkat usia dini ini, “ungkapnya.

Menurutnya, sejak usia dini, karakter dan mental anak sudah harus mulai dibentuk.”  Usia dini ini kan masih sangat polos, sehingga melalui TK/PAUD ini kami harapkan agar karakter anak didik, dan mental anak didik ini, bisa terus dibentuk, sehingga nantinya ketika dia mulai beranjak dewasa, anak sudah tidak terpengaruh dengan kegiatan-kegiatan negatif yang saat ini tengah kita rasakan di Kaimana ini, “ujarnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *