Tangani Keluhan Seputar THT, dan Kelamin, Dinkes Gelar Pelayanan dan Pengobatan Gratis

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kaimana, terutama terkait keluhan seputar THT, kulit, kelamin di Kabupaten Kaimana, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, melalui bagian pelayanan kesehatan, menggelar pengobatan dan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kaimana.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 26 – 29 September 2019. Pilihan untuk menggelar pelayanan dan pengobatan THT, kulit, kelamin ini bukan tidak beralasan.

Pasalnya, sampai saat ini Kaimana belum memiliki dokter, khususnya menangani kesehatan kulit, kelamin dan THT. Dinkes juga sengaja mendatangkan dokter spesialis dari kota Sorong.

“ Kami datangkan tiga dokter spesialis dalam kegiatan ini yakni; dokter spesialis kulit, kelamin, spesialis THT dan satu orang dokter saraf. Kami berharap agar pelayanan kesehatan khususnya untuk THT, kulit, kelamin ini bisa tertangani dengan baik, dalam rangka untuk menekan angka kesakitan di Kabupaten Kaimana,” ungkap Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional, Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Sofyan Thauri, SKM ketika dikonfirmasi melalui telepon celularnya, Kamis (26/9).

Menurutnya, data yang ada di seluruh fasilitas kesehatan, keluhan terkait THT, kulit dan kelamin ini yang paling mendominasi. Sehingga dinas kesehatan khususnya bidang pelayanan kesehatan, bermaksud menyediakan dokter spesialis untuk menangani kasus penyakit seperti ini.

“ Kami sengaja memilih pelayanan kesehatan dan pengobatan khusus untuk THT, kulit, kelamin ini karena selama ini, jumlah data kunjungan masyarakat khususnya keluhan tentang THT, kulit dan kelamin sangat dominan, baik di RSUD maupun diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Kaimana ini. Sehingga kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, penyakit atau keluhan masyarakat selama ini khususnya, THT, kulit dan kelamin ini dapat tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Arifin Sirfefa, SKM.MM ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (26/9) mengatakan bahwa, program pelaksaan kesehatan secara gratis untuk masyarakat ini akan terus dilakukan ditahun-tahun yang akan datang.

“ Untuk program ini memang banyak sekali masyarakat yang mau ikut berpartisipasi. Apalagi setiap program pengobatan gratis ini, khusus bagi penyakit yang memang tidak ada dokternya di Kaimana. Sehingga kami juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan ini, khusus untuk keluhan masyarakat terkiat THT, kulit dan kelamin,” ungkapnya.

Lanjut Sirfefa, kegiatan ini ditahun-tahun yang akan datang, kemungkinan besar akan dilaksanakan atau terpusat di Distrik-Distrik.

“ Awalnya memang target sasaran kita adalah masyarakat luas. Tetapi harusnya kita sudah laksanakan di distrik, karena lebih banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan gratis seperti ini adalah mereka yang tinggal di distrik dan kampung. Tahun ini memang masih terpusat dan dilaskanakan di kota Kaimana, di RSUD, tetapi tahun-tahun selanjutnya pasti dilaksanakan di distrik atau kampung,” ujarnya.

Namun, Sirfefa juga mengatakan bahwa, jika kegiatan dilaksanakan di kampung, maka pastinya memerlukan tambahan anggaran.

“ Kalau untuk pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis kita laksanakan di distrik atau kampung, maka konsekuensinya bahwa anggaran kita juga pasti akan ditambah. Karena biaya operasional terbilang besar. Belum lagi sarana prasarana ataupun peralatan kesehatan yang juga harus dipikirkan. Sehingga kemungkinan besar, mulai tahun depan kami sudah dorong untuk dilaksanakan di distrik maupun kampung,” tuturnya.

Dirinya juga berharap agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Kaimana, sehingga dapat mengurangi angka kesakitan terkait THT, kulit dan kelamin di Kabupaten Kaimana.

“ Kami berharap warga Kaimana yang sudah mendengar pelaksanaan kegiatan ini dapat mengunjungi RSUD, lebih tepatnya di ruang poliklinik anak, sehingga bisa mendapatkan pelayanan dari dokter yang sudah disediakan, khususnya untuk penyakit THT, kulit dan kelamin. Pengobatan ini juga kami tegaskan bahwa diberikan secara cuma-cuma, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak bayar sepeserpun,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *