SATGAS PAMTAS YONIF 511/DY DATANGKAN KEMBALI KECERIAAN DI PERBATASAN RI-PNG MENGAJARKAN MURID SD INPRES CARA CUCI TANGAN DAN GOSOK GIGI YANG BENAR

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini

Merauke,Honaipapua.com, -Pentingnya pengetahuan dan pemahaman tentang pola hidup bersih dan sehat sejak dini, oleh karena itu Satgas Yonif 511/DY melalui Pos Kout dipimpin oleh Bakes Serda Dasmadi beserta 9 anggota personel memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang tata cara mencuci Tangan dan menggosok Gigi yang baik dan benar kepada siswa-siswa SD Inpres di Kampung Sipias, Distrik Elokobel, Kabupten Merauke, Kamis (10/11/22).

Dalam keterangannya, Bakes Satgas Yonif 511/DY Pos Kout Serda Dasmadi menyampaikan bahwa dirinya beserta anggota pos lainnya mendatangi SD Inpres Bupul 1 untuk diajarkan kepada anak-anak tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar.

“Apa yang kita lakukan disambut baik oleh anak-anak serta para guru di sekolah tersebut, setelah itu personel kita mempraktekkan terlebih dahulu cara mencuci tangan antara lain tangan dibasahi dengan air kemudian pakai sabun cuci tangan, gosok seluruh bagian tangan, cela-cela jari tangan dan juga bagian kuku tangan, setelah sudah menggosok tangan dengan sabun bilas tangam menggunakan air bersih. Kemudian mempraktekkan juga cara menggosok gigi antara lain, menggenggam sikat gigi dan letakkan pasta gigi (odol) di atas sikat gigi, sikatlah gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar (di puter-puter) setiap bagian. Gosok gigi secara perlahan agar gusi tidak sakit atau luma, secara pelan hasil lebih bersih akan didapatkan secara efektif,
Berkumurlah dengan air bersih untuk membersihkan gigi. Gigi kembali bersih dan bebas dari kuman maupun bakteri,” jelas Bakes.

<span;>”Hendaknya mencuci tangan setiap kali sebelum makan atau setelah beraktivitas dari luar. Dan gigi dibersihkan sebanyak 2x sehari, yaitu pada saat bangun pagi atau mandi pagi dan mandi sore atau sebelum tidur malam,” imbuhnya.

Setelah dipraktekkan oleh personel Satgas, setiap anak mempraktekkan masing-masing cara mencuci tangan dan menggosok gigi. Mereka diberikan setiap anak 1 sikat gigi, dengan riang gembira mereka melaksanakan gosok gigi.

Pada dasarnya di usia dini anak-anak kebanyakan belum memiliki kesadaran dan memahami betapa pentingnya menjaga serta merawat giginya mereka masing-masing, itulah sebabnya Personel Satags RI-PNG Yonif 511/DY ada untuk memberikan pemahaman tentang hidup bersih sejak dini kepada siswa-siswa SD Inpres Bupul 1. Kegiatan yang kita lakukan ini agar menjadikan rutinitas anak-anak setiap hari untuk menggosok serta dapat merawat gigi secara maksimal serta menjaga kebersihan tangan, sehingga terbebas dari kuman serta gigi tampak sehat, kuat tanpa takut bau mulut serta gigi berlubang.

Seorang anak bernama Pius (8) merasa sangat senang dan gembira karena telah diajari tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar oleh om tentara. Sembari menunjukkan tangan dan giginya yang sudah bersih Pius mengucapkan “terima kasih banyak om tentara saya senang sekali akhirnya saya sudah bisa mencuci tangan dan gosok gigi dengan baik dan benar,” pungkas Pius.

Bapak Tiber salah satu guru mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonif 511/DY telah memberikan edukasi hidup sehat sejak dini kepada anak-anak didik kami, semoga apa yang diberikan ke kapada anak-anak didik kami menjadi bekal untuk mereka agar bisa menerapkan gaya hidup sehat sejak dini walaupun dari hal kecil rajin mencuci tangan dan menggosok gigi,” ucap Bapak Tiber. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *