Politeknik Lengguru Siap Beroperasi Mulai Januari 2021

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Salah satu impian dan harapan masyarakat di Kabupaten Kaimana agar Kaimana bisa memiliki satu sekolah tinggi. Hal ini dalam waktu dekat sudah bisa terjawab, dengan adanya Politeknik Lengguru yang siap mulai beraktifitas di awal tahun 2021 mendatang. Pasalnya dari komunikasi dan koordinasi yang dilakukan oleh yayasan dan juga pemerintah daerah Kabupaten Kaimana, dalam waktu dekat ini, ijin pendirian perguruan tinggi untuk Politeknik Lengguru akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ketua Yayasan Seribu Satu Senja, Martinus Furima, SE

Pertengahan tahun 2019 yang lalu, uji kelayakan pendirian PTS baru sudah dilakukan oleh LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan TInggi Wilayah XIV Provinsi Papua dan Papua Barat yang langsung dihadiri oleh Ketua LLDIKTI Dr. Suril S. Mofu, S.Pd,M.Ed,TEFL,M.Phil (Oxon) di Kaimana. Usai Studi kelayakan dilakukan, Yayasan Seribu Satu Senja mulai mempersiapkan semua persyaratan yang harus disiapkan dalam rangka penerbitan SK dari Kemenristek DIKTI.

Ketua Yayasan Seribu Satu Senja, Martinus Furima, SE ketika dikonfirmasi di Kaimana, Kamis (12/11) mengatakan bahwa proses untuk sampai pada mendirikan sebuah perguruan tinggi tidak semudah yang dibayangkan oleh orang awam.

“ Untuk sampai pada pendirian perguruan tinggi ini, membutuhkan waktu yang cukup panjang. Berbagai persyaratan harus dipersiapkan termasuk uji kelayakan. Dan proses itu kami sudah lalui selama ini dan tinggal menunggu ijin dari kementerian,” ungkapnya.

Lanjut dia, dari hasil komunikasi dan konfirmasi dengan pihak kementerian, dalam waktu dekat Surat Ijin Pendirian Perguruan Tinggi untuk Politeknik Lengguru sudah dikeluarkan oleh Kemenristek DIKTI. “Yang jelas, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, ijin persetujuan pendirian perguruan tinggi nanti akan keluar dari kementerian. Sehingga kalau itu sudah keluar, maka Januari 2021 itu, kami sudah eksis untuk mulai beraktifitas. Misalnya menerima pendaftaran, maupun melakukan persiapan-persiapan lainnya, sebelum perkuliahan aktif dilaksanakan,” ujarnya.

Furima juga mengatakan bahwa hadirnya Politeknik Lengguru ini merupakan kerinduan masyarakat Kaimana selama ini. “Hal ini merupakan kabar baik bagi kami dan juga masyarakat yang ada dinegeri ini. Karena kurang lebih 15 tahun kita berdiri sendiri, tetapi belum ada perguruan tinggi. Sehingga pemerintah daerah dan juga Yayasan Seribu Satu Senja mendorong agar Politeknik Lengguru ini bisa ada dan bisa segera beroperasi di Kaimana,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, MM menegaskan saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Wisuda Magister Managemen kelas Uncen Kaimana belum lama ini bahwa; peningkatan sumber daya manusia di Kaimana harus terus dilakukan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, investasi SDM harus dilakukan oleh pemerintah daerah dengan cara menyediakan perguruan tinggi yang representatif untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang ada di Kabupaten Kaimana.

“Para cerdik pandai dibutuhkan di Tanah Papua ini. Angka melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA/SMK masih sangat rendah, termasuk kita yang ada di Kabupaten Kaimana. Oleh karena itu, Polteknik Lengguru ini hadir untuk bisa mengakomodir adik-adik kita lulusan SMA/SMK untuk bisa mengenyam pendidikan di Politeknik Lengguru. Saya mau kutip sedikit apa yang disampaikan oleh Ketua LLDIKTI, Dr. Suril S. Mofu bahwa hampir setiap tahun, data usia kuliah yang ada di Tanah Papua, baik Provinsi Papua dan Papua Barat itu berjumlah 11 juta orang. Tetapi yang masuk ke perguruan tinggi hanya 9 persen. Termasuk kita di Kabupaten Kaimana juga menjadi salah satu penyumbang dari 11 juta lulusan SMA/SMK tersebut. Dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa dalam waktu dekat ini, sudah ada surat keputusan dari kementerian untuk merestui pendirian Politeknik Lengguru,” ungkapnya.

Bupati Mairuma juga berharap agar dengan adanya Politeknik Lengguru ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kaimana terutama lulusan SMA/SMK untuk berkuliah di perguruan tinggi ini, dengan harapan agar peningkatan SDM masyarakat di Kabupaten Kaimana dari waktu ke waktu bisa terus menunjukan peningkatan.

“Agar adik-adik kita ini mereka bisa selesai pada usia kuliah. Kami tidak buat universitas, tetapi kami buat pendidikan vokasi yang tepat dengan kondisi daerah, supaya orientasinya itu tidak lagi datang mencari kartu kuning dan melamar menjadi PNS karena kuotanya terbatas, tetapi mereka bisa langsung terjun didunia kerja,” pungkasnya.

Sementara itu, Politeknik Lengguru memiliki 4 program studi, yakni; Program Studi (Prodi) Diploma IV Agribisnis Perikanan, Prodi Diploma IV Agribisnis Pangan, Prodi Diploma IV Managemen Kontrak Pemerintah dan Prodi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *