Kapolsek Arguni Gandeng Pihak Terkait Sosialisasikan Pemberian Vaksin Usia SMP

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Untuk mendukung program pemeirintah terkait pemberian vaksin untuk masyarakat diseluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali Kaimana, maka Kapolsek Teluk Arguni, IPDA. Rudy Alfasyah berencana dalam waktu dekat ini, menggandeng pihak kesehatan dan juga sekolah serta TNI untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat Distrik Teluk Arguni khususnya usia SMP.

Kapolsek Teluk Arguni, IPDA. Rudy Alfasyah

Hal ini ditegaskan Kapolsek Teluk Arguni ketika dikonfirmasi di Kensi, Distrik Teluk Arguni Atas.

“Dalam rangka mendukung program pemerintah dan kami dari kepolisian juga diberikan ruang untuk mendorong percepatan pemberian vaksin bagi masyarakat, maka kami, khusus di Polsek Teluk Arguni akan menggandenga semua pihak, termasuk tokoh masyarakat, tokoh adat, pihak kesehatan dan pihak sekolah agar kami bersinergi untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama usia SMP,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa sosialisasi dimaksud sudah dibicarakan dengan pihak-pihak terkait, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja. “Kemarin kami rapat awal dengan seluruh pihak, baik TNI, kesehatan dan juga pihak sekolah. Kami bermaksud agar terkait dengan pemberian vaksin ini, pihak terkait ini bisa sama-sama satu persepsi, sehingga sosialisasi ini bisa lebih ringan, karena kita jalan bersama-sama,” ujarnya.

Ketika disinggung soal, dampak berita atau informasi hoax terkait pemberian vaksin ini juga sampai ke masyarakat dia dua distrik yang ada di wilayah Arguni ini.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa masyarakat di dua distrik ini juga terpengaruh dengan berita-berita hoax, yang mengatakan bahwa ketika divaksin nanti akan begini dan begini. Sehingga ini yang harus kami jelaskan atau sosialisasikan kepada seluruh masyarakat di wilayah Arguni ini,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa salah satu kendala yang juga dialami pihaknya ketika mencoba melakukan sosialisasi kepada warga bahwa, adat atau kepercayaan beberapa kampung masih sangat kental dan masyarakat berpatokan pada kebiasaan masyarakat tersebut.

“Kami bersyukur bahwa dari puluhan kampung yang ada di diwilayah hukum Polsek Teluk Arguni ini, ada yang sudah membangun posko pencegahan Covid. Kami memberikan apresiasi untuk itu. Tetapi masih banyak juga kampung yang belum punya itu, sehingga kami berharap kepada pemerintah kampung bisa memikirkan bagaimana langkah yang harus diambil untuk mengantispasi dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Teluk Arguni ini, salah satunya dengan cara membangun posko pencegahan dimasing-masing kampung,” jelasnya.

Dirinya juga berharap agar seluruh cendekiawan ataupun masyarakat yang tingkat pendidikannya tinggi, bisa bersama-sama dengan semua pihak, ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Ia menambahkan, Pandemi ini sudah menjadi persoalan krusial yang harus kita tangani bersama. Kalau hanya berharap dari pemerintah daerah, atau pihak kepolisian dan TNI, maka akan sangat sulit, apalagi berkaitan dengan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang arti hidup sehat ditengah pandemi ini. Sehingga kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Teluk Arguni untuk bisa membuka diri ketika kami turun melakaukan sosialisasi. Niat pemerintah itu baik, karena pemerintah tidak mungkin menyusahkan atau merepotkan masyarakatnya.

” Mari kita semua terutama pemangku kepentingan di dua distrik ini, mari kita sama-sama jalan memberikan sosialisasi, sehingga kita bisa menghindari atau meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polsek Teluk Arguni,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *