“Jalan Rusak Berat” Pelayanan Kesehatan Tetap Terjangkau Masyarakat Distrik Mare

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MAYBRAT, Honaipapua.com,- Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat bersama tim Medis Mobail Klinik, adakan pengobatan masal di kampung Sire Raya dan Fase, Distrik Mare Selatan, Jumat (21/6).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dr.Nelce Kambuaya,M.Sc,SP,Rad, mengatakan, Pengobatan Masal yang dilaksanakan itu, bertujuan untuk pengamatan secara langsung penyakit yang dialami oleh masyarakat, disetiap kampung, sebab penyakit yang dialami oleh masyarakat, pasti berbeda, maka dengan adanya kunjungan ini tim medis, bisa memastikan kemudian akan dilaporkan pada rapat kerja tingkat Dinas nantinya.

Pengobatan yang dilakukan oleh tim dinas kesehatan terdiri dari pemeriksaan bagi ibu hamil, bayi, balita dan orang dewasa. Selain itu, juga pemberian Vitamin A kepada Bayi dan ibu yang menyusui, pemeriksaan pasien umum dan pemberian Imunisasi bagi Bayi, Balita dan ibu hamil. Selain itu juga pemeriksaan Sanitasi lingkungan seperti pemeriksaan terhadap air bersih, penyakit khusus yang dialami masyarakat, kasus Polio, kasus Vilariasis (kaki Gajah), “ungkap dr.Nelce Kambuaya.

Dikatakan dr. Nelce, program ini, merupakan tugas pokok dan rutin bagi tim dinas kesehatan, ditingkat Kabupaten Maybrat bersama kepala Puskesmas, Pustu dan petugas medis yang ada.

Petugas yang melakukan pengobatan massal itu terdiri dari tiga orang dokter umum, dua orang kepala bidang dan petugas kesehatan lainnya.

Ditambahkan, dr.Nelce Kambuaya, dari pelayanan yang dilaksanakan, petugas kesehatan mengalami kendala pelayanan kepada masyarakat di wilayah Mare, karena faktor jalan yang sangat rusak berat. Sehingga petugas cukup sulit melalui kondisi jalan di Distrik Mare yang saat ini sangat rusak berat.

” Akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat dari satu kampung ke kampung lain itu, sangat berjauhan di wilayah Distrik Mare Raya. Dimana program pelayanan kesehatan dari Dinas kesehatan Kabupaten Maybrat akan memberikan pelayanan di 24 Puskesmas yang ada di wilayah kabupaten Maybrat, “Tutup dr.Nelce Kambuaya.

Sementara Kepala Distrik Mare Selatan, Welem Rawan.S.Pd, saat dimintai tanggapannya terkait pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas kesehatan, memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan bersama tim, yang sudah melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga semua jerih payah dapat dibalas oleh Tuhan.

” Saya berharap pelayanan kesehatan seperti ini, harus dilakukan, sehingga masyarakat yang tidak bisa keluar, mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik, ditingkat Puskesmas atau Rumah Sakit di tingkat Kabupaten, karena masalah yang dihadapi oleh masyarakat adalah jalan yang sangat rusak berat dan tidak bisa dijangkau oleh petugas medis, “tutup welem Fawan. (nes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *