Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maybrat Gelar Sosialisasi Kota Layak Anak

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MAYBRAT,Honaipapua.com, -Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Maybrat gelar sosialisasi kota layak anak bagi Paud,TK,SD, SLTP, dan SMU Se-Kabupaten Maybrat, Kamis (8/8/2019).

Kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Maybrat, Yuliana Isir, SE, mengatakan,
saat ini anak-anak masih dianggap sebagai kelompok marginal dalam pembangunan, padahal keberadaan anak sangat penting.

Dari data tercatat bahwa sepertiga penduduk Indonesia adalah anak-anak. Dalam konteks perkotaan, anak-anak memiliki peran penting yang sering dilupakan bahwa pada dasarnya mereka juga tinggal dan tumbuh di dalam kota. Sebagian dari mereka ada yang hidup dalam risiko tinggi.

Indonesia telah mengesahkan konvensi mengenai hak anak dengan Keputusan Presiden, Nomor 36 Tahun 1990, yang idealnya ditindaklanjuti dalam setiap kebijakan yang diambil dan tidak dilupakan keberadaannya. Selain itu, dengan adanya Keputusan Presiden tersebut juga, merupakan salah satu bukti penunjang kewajiban pemerintah dalam bidang perlindungan anak yang berupa program dan kegiatan agar hak-hak anak, untuk dapat tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi tetap terjamin.

Ditambahkan, Yuliana Isir, kewajiban pemerintah juga untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dan diskriminasi. Untuk itu, kewajiban ini harus diimplementasikan dalam skala pemerintahan yang lebih detil, bukan hanya Nasional, namun pemerintahan Kabupaten/Kota.

Konvensi Hak Anak, merupakan komitmen Indonesia dalam menghormati dan memenuhi hak anak. Komitmen ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 B (2), dan operasionalnya pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002, tentang Perlindungan Anak. Untuk mentransformasikan hak anak ke dalam proses pembangunan, pemerintah mengembangkan kebijakan Kota Layak Anak.

” Kota Layak Anak menjelaskan pentingnya percepatan implementasi Konvensi Hak Anak ke dalam pembangunan sebagai langkah awal untuk memberikan yang terbaik bagi kepentingan anak.
Dengan semangat untuk untuk melakukan upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak, Pemerintah kabupaten Maybrat menyambut baik program dan kebijakan pengembangan Kota Layak Anak, dengan menginisiasi Kabupaten Maybrat menuju Kota Layak Anak, difasilitasi oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten Maybrat dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada Tahun 2013.

” Yuliana berharap kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini, dapat menerima manfaatnya sebagai bekal hidup kedepannya, “tutup Yuliana Isir. (ones)
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *