DAP Mendukung Pembangunan SMA Unggulan Kasuari Nusantara di Papua Barat

Pendidikan Dan Kesehatan
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Manokwari,Honaipapua.com, -Beberapa hari lalu Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat mendapat kiriman Surat Perihal : Permohonan Izin Pengumpulan Data dan kunjungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat. Tujuan Kunjungan ke Kantor DAP WILAYAH III DOBERAY siang itu adalah mengantarkan Surat yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Charlie D. Heatubun,S.Hut.,M.Si Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat.

Kepada media ini, Ketua DAP WILAYAH III DOBERAY, Mananwir Paul Finsen Mayor,S.IP, mengatakan, Utusan dari Balitbangda Provinsi Papua Barat yang berkunjung ke Kantor DAP WILAYAH III DOBERAY adalah Bapak Ir. Abdul Haviedz Fatamasya, M.Si. Kepala Bidang Sosial Pemerintahan pada Badan Penelitian dan Pengembangan
Daerah Papua Barat. Dan Ibu Dr. Aplena Ellen Bless, SP., M.Sc. Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup UNIPA Manokwari.

Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay/Papua Barat setelah memperhatikan, Status Dewan Adat Papua, Pedoman Dasar Dewan Adat Papua dan Pedoman Rumah Tangga Dewan Adat Papua, Serta mengingat Amanat UU Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua sebagaimana diubah dengan undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2008 Tentang Perubahan Atas undang undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua menjadi Undang-undang, BAB I- KETENTUAN UMUM-Pasal 1 huruf A, B, N, O, P, Q, R, R, S dan T kemudian BAB II- PERLINDUNGAN HAK-HAK MASYARAKAT ADAT-Pasal 43 Ayat (1) dan BAB XII- HAK ASASI MANUSIA- Pasal 45 Ayat (1) serta BAB XVI- PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN- Pasal 57 dan Pasal 58.

Maka, Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay/Papua Barat selaku Pemegang Mandat Tertinggi dari masyarakat adat orang asli Papua dan orang Papua yang adalah suku-suku asli d Tanah Papua Khususnya Wilayah III Doberay Papua Barat serta Berdasarkan Kewenangan dalam mengintervensi semua Bidang Pembangunan di Tanah Papua, dengan ini menyatakan Mendukung dan Memberikan Rekomendasi untuk, Pembentukan Tim Penyusun Naskah Akademik Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Unggulan Kasuari Nusantara di Provinsi Papua Barat dan Penyusunan Dokumen Master Plan ( Rencana Induk ) Pembangunan dan Pengembangan Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Unggulan Kasuari Nusantara di Provinsi Papua Barat.

Berdasarkan dukungan dan Rekomendasi yang diberikan, Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay/Papua Barat memberikan Catatan Khusus yaitu, melaksanakan Pendidikan Pola Asrama dengan mengutamakan Orang Asli Papua, membentuk Kurikulum yang berkaitan dengan Tatanan Kehidupan Masyarakat Adat, Kepemimpinan Adat dan Hukum Adat di Tanah Papua dengan melibatkan Dewwan Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat, dan membentuk Kurikulum yang berkaitan Multimedia, broadcasting dan teknologi informasi sehingga masyarakat adat tidak ketinggalan dalam tiga bidang tersebut. (***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *