Tujuh Paslon Ikut Debat Pilkada Putaran Kedua Di Timika

Papua
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Timika,Honaipapua,- Sebanyak tujuh Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati mengikuti tahapan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yakni, Debat kandidat putaran kedua Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Debat kandidat putaran kedua dengan mengusung tema “Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa dalam pelayanan publik di Kabupaten Mimika” ini berlangsung di gedung Eme Neme Yauware (ENY) Senin (19/7).

Tujuh Paslon yang mengikuti debat kandidat Cabup-Cawabup Mimika putaran 2, yakni, nomor urut 1 Petrus Yanwarin-Alpius Edoway (Petraled), nomor urut 2 Robertus Waropea-Albert Bolang (RnB), nomor urut 3 Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (Musa), kemudian nomor urut 4 Hans Magal-Abdul Muis (Ham), nomor urut 5 Maria Florida Kotorok-Yustus Way (Maryus), nomor urut 6 Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob) dan nomor urut 7 Philipus Wakerkwa-H. Basri (Philbas).

Dalam debat kandidat kedua ini dipandu oleh, Antonia Klara Bonay, SE. M. SC, seorang dosen tetap program studi ilmu ekonomi, Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Cenderawasih.

Debat yang berlangsung tadi juga menghadirkan tiga panelis pada debat kandidat putaran pertama antara lain, Julius Ari Mollet,SE.,MBA.,MTDEV.,PHD, adalah dosen tetap di Universitas Cenderawasih dan Ketua Program Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Sedangkan, DR. Oscar Oswald O.Wambrauw,SE.,M.Sc.,AGR,
adalah Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih. Dan Drs. Irianto Jacobus. Direktur Konsultasi Independen Pemberdayaan Rakyat (KIPRA) Papua yang didirikan sejak 1999/2000.

Ketua KPUD Mimika, Yoel Luis Rumakewi, mengatakan, seusai pelaksanaan debat kandidat, selaku pihak penyelenggara memberikan apresiasi kepada ketujuh Paslon yang sudah hadir dan sudah mengikuti debat kandidat putaran kedua.

” Kami bersyukur semua kandidat sudah ikut pelaksanaan kegiatan ini. Dan ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman,” ungka Ketua KPUD Mimika Yoel Luis M.

Sebelumnya Yoel dalam sambutan membuka kegiatan menyampaikan bahwa, pemilih yang cerdas akan memilih siapa yang cerdas dalam menawarkan program untuk bumi Amungme dan Kamoro.

“Saya percaya semua kandidat sudah mempersiapkan segala program, visi misi dengan baik,” jelasnya.

Disampaikan juga bahwa, dalam kegiatan debat kandidat putaran kedua, KPU mengajak semua paslon untuk tinggalkan sekat. Sehingga berdebat bisa dilakukan secara fer dalam menyampaikan program yang baik, dan tidak ada unsur sara.

“Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada paslon dan seluruh pendukung yang selama ini sudah menjaga kamtibmas di kota ini. Kita berharap situasi kamtibmas ini bisa terjaga sampai tanggal pelaksanaan,” Katanya.

Tidak lupa juga ia mengucapkan terimakasih kepada pihak keamanan yang sudah bekerjasama dalam mengawal kegiatan dari awal hingga saat ini.

“Kami juga berterima kasih kepada pemda yang sudah memberikan anggaran untuk mendukung jalannya pilkada,” ucapnya. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *