Pastor Resmikan Goa Hati Kudus Yesus Di Stasi Ayuka Timika

Papua
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Timika,Honaipapua.com,- Pastor Paroki Emanuel Mapurujaya, Stefanus Sabinus OFM secara resmi meresmikan sekaligus memberkati goa “Hati Kudus Yesus” di stasi Ayuka, Distrik Mimika, Timur, Sabtu (30/6).

Pemberkatan dan peresmian Goa Hati Kudus Yesus tersebut diprakarsai oleh Kelompok Doa Apostolat, yaitu, kelompok doa Gereja Katolik Keuskupan Timika yang berdevosi kepada Hati Kudus Yesus.

Sebelumnya pada Sabtu, pukul 08.00 WIT, ratusan anggota Apostolat bersama umat yang lain mengarak arca Hati Kudus Yesus dari halaman gereja Katolik Paroki St. Stefanus Sempan, menuju Gereja Paroki Emanuel Mapurujaya, distrik Mimika Timur.

Arca Hati Kudus Yesus kemudian diarak umat ke stasi Ayuka, tempat dimana arca tersebut ditahtakan yang sebelumnya dilaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Pastor Stefanus Sabinus OFM bersama-sama dengan umat paroki Emanuel Mapurujaya di Gereja Paroki Mapurujaya.

Setibanya di kampung Ayuka, arca dan iring-iringan kendaraan umat disambut para penari dari kelompok Apostolat. Arca yang sebelumnya diarak menggunakan kendaraan roda empat kini dipikul oleh anggota Apostolat berbusana hitam putih.

Kurang lebih dua ratus meter dari goa, umat Katolik Stasi Ayuka telah bersiap menyambut dengan semacam acara adat bersama tarian “seka” khas Suku Kamoro.

Setelah para tua-tua ada membacakan doa menggunakan bahasa adat Kamoro, seutas tali yang dibentangkan sebagai pita adat baru bisa dipotong oleh Pastor Stefanus Sabinus OFM mewakili Uskup Keuskupan Timika, Mgr. Jhon Philipus Saklil Pr.

Arca kemudian diarak menuju goa yang letaknya didampingi gereja Stasi Ayuka. Sebelum ditaktahkan, pastor Stefanus terlebih dahulu menggunting pita pada pintu masuk goa. Selanjutnya pastor mendupai goa dan memberkatinya dengan air berkat. Setelah itu, pastor menyatakan arca Hati Kudus Yesus di tempat yang sudah disiapkan.

Acara dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi bersama di depan halaman goa Hati Kudus Yesus dan diikuti tamu dan undangan serta umat Stasi Ayuka serta sekelompok umat paroki Mapurujaya.

Sebagai pastor Paroki yang bertanggung jawab terhadap perkembangan iman umat Stefanus berharap dan berdoa agar dengan diresmikannya goa tersebut dapat merubah gaya hidup umat menjadi lebih baik lagi, mengubah gaya hidup lama menjadi gaya hidup baru.

Selain itu juga dengan meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol sehingga nantinya dapat merugikan diri pribadi, keluarga dan masyarakat.

Selanjutnya Pastor Stefanus berharap agar iman umat semakin tumbuh dengan peresmian Goa Hati Kudus Yesus dan semakin banyak umat berdevosi kepada Hati Kudus Yesus. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *