Paslon Kandidat Bupati Desak KPU Timika Lakukan Tahapan Pilkada

Papua
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Timika,Honaipapua.com,- Enam Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika mempertayakan kelanjutan tahapan yang dilakukan KPUD Mimika.

Hal itu di sampaikan oleh pasangaan Musa dan Pasangan Petralet yang mewakili 4 Paslon lainnya, pada saat jumpa Pers dengan awak media Sabtu (9/6).

Menurut Paslon Bupati Nomor Urut 3 Wilhelmus Pigai dengan tegas mengatakan bawah, hampir semua tahapan-tahapan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh KPU itu tidak berjalan sebagaimana mestinya,dan ada tahapan-tahapan penting yang mestinya di lakukan , namu sampai sejauh ini belum bisa dilakukan juga, hal itu membuat para Paslon merasa KPUD Mimika tidak Trasnparan dalam melakukan tahapan itu.

” Kami heran, alasan kenapa sampai tahapan itu tidak bisa dilakukan oleh KPUD Timika secara transparan, dan tidak menyampaikan kepada kami para calon, bahkan kepada seluruh masyarakat mimika,”tegas Wilhelmus Pigai.

Menurut Wilhemus, tahapan-tahapan penting yang sampai sekarang belum dilakukan oleh KPUD Mimika adalah ,salah satunya Debat Kandidat, ini sangat di harapkan oleh Paslon untuk menyapaikan Visi dan Misi dan program-program untuk lima tahum bagi paslon agar dapat diketahui oleh masyakat dan wajib untuk diketahui.

“Harus di samapaikan apa Visi dan Misi atau program-program bagi masyarakat yang harus di sampaikan oleh para kandidat dalam debat kandidat,dan debat kandidat ini bukan momen bagi kita kandidat untuk saling menyerang, atau bukan saling untuk mempersalahkan tapi momen yang paling baik untuk kita menyampaikan program2 para kandidat,”jelas Pigai.

Pigai menambahkan, akibat dari keterlambatan beberapa tahapan Pilkada yang belum dilaksanakan oleh KPUD, secara tidak langsung KPUD telah merugikan para Pasangan Calon Kandidat di Timika.

“Kami ingin sampaikan bawah kami secara tidak langsung sudah dirugikan oleh pihak penyelenggara yang dalam hal ini adalah KPUD, saya tidak tau alasan mereka apa, sehingga mereka tidak menyampaikan itu kepada kita, ,ungkap Pigai

Disamping itu Paslon Bupati Dari nomor urut 1, Yan Piter Ranwarin yang juga diusung melalu jalur Perseorang, merasa kecewa dengan kenerja penyelenggara dalam hal ini KPUD Mimika, dan sejak awal KPUD Mimika sudah berjalan tidak sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada, karena KPU tidak tegas dan paham dalam PKPU No I.

“Kalau KPU itu paham mengenai aturan pastinya tahapan-tahapan ini berjalan aman, “kata Piter Ranwarin dalam jumpa pers.

Selain tidak sesuainya tahapan yang dilakukan oleh KPUD, Calon Bupati Nomor Urut satu menambahkan, agar KPU harus menyelesaikan masalah keterlambatan, dan KPU harus secepatnya mengevaluasikan persoalan ini, bahkan KPU jangan menganggap reme dengan situasi yang ada karena ini merupakan Pesta rakyat secara nasional.

“Maka itu sampai saat ini sy mau katakan bawah KPUD Timika belum maksimal, seperti belum adanya sosialisai bagaimana cara pencoblosan kepada masyarakat, dan terhitung dari waktu sekarang, tinggal 18 hari lagi menuju hari H, bagaimana bisa dilakukan tahapan-tahapan itu,” jelasnya.

Maka dengan itu para pasangan calaon kandidat yang maju dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mimika dengan tegas mengatakan, penyelenggara atau KPUD jangan membuat hingga Pilkada di Timika tidak berjalan atau gagal, karena jika itu sampai terjadi makan KPUD Mimika harus dapat bertanggung jawab. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *