KUNJUNGAN KAPOLDA PAPUA DAN PANGDAM XVII/CENDERAWASIH DI KABUPATEN MAMBERAMO RAYA

Papua
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jayapura,Honaipapua..com, -Senin tanggal 13 April bertempat di Kasonaweja Kabupaten Mamberamo Raya, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Hasaribab mengunjungi anggota, pasca kesalahapahaman antara personil TNI-Polri.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal.SIk kepada media melalui siaran Pers nya menyampaikan, selain Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Hasaribab, yang iku melakukan kunjungan adalah Kabinda Papua Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon, Bupati Kabupaten Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, Dir Intel Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, SIK, Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol. Fernando Sanches Napitupulu SIK, Kapolres Mamberamo Raya AKBP Alexander Louw SH.

Dikatakan Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal.SIk bahwa pada Pukul 11.00 WIT, Kapolda Papua dan rombongan take off dari Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura menuju Bandara Kasonaweja Kabupaten Mamberamo Raya dengan menggunakan pesawat SAM AIR PK-SMW.

Pukul 12.14 WIT, Kapolda Papua dan rombongan tiba di Bandara Kasonaweja Kabupaten Mamberamo Raya disambut oleh Danrem 172/PWY, As Intel Kodam XVII/Cend, Dir Intelkam Polda Papua, Kabid Propam Polda Papua, Wakil Bupati Mamberamo Raya, Wakil 1 DPRD Mamberamo Raya, Sekda Kabupaten Mamberamo Raya, Kapolres Mamberamo Raya, Dandim dan Pabung selanjutnya menuju Gueshouse Kasonaweja.

Pukul 13.14 WIT, Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cend beserta rombongan mengunjungi Pos Brimob selanjutnya memberikan arahan kepada personel Polres Mamberamo Raya dan Kodim.

Pada kesempatan kunjungannya Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, mengatakan bahwa, sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban masyarakat yang ada di wilayah Papua khususnya di Kabupaten Mamberamo Raya, dengan kejadian kemarin kami sudah melangkah cepat bersama Pangdam dan seluruh jajaran dibantu dengan Kabinda dan Bupati Mameramo Raya terima kasih atas untuk kerjanya.

” Atas kejadian kemarin kami sudah melakukan tindakan-tindakan terutama proses evakuasi korban luka maupun korban meninggal dunia yang sampai saat ini sudah ditangani baik dirumah sakit maupun dibawa ke rumah duka di Merauke dan Mappi, “ungkap Kapolda.

” Hari ini kami hadir disini bersinergi dengan para pemimpin satuan tugas yang ada di Mamberamo Raya, agar kami segera tahu keadaannya seperti apa disini, kemudian nanti teknis pelaksanaan untuk memproses permasalahan ini tentu harus bersinergi dengan penyidik gabungan yang sudah di bentuk, “pungkas Kapolda lagi.

Tim dari Polda Papua yaitu, Dir Krimum Polda, Dirintelkam Polda Papua dan Kabid Propam Polda Papua bersinergi dengan yang sudah di perintahkan oleh Pangdam yaitu Danrem, Danbrigif, Danpomdam dan komandan satuan di bawanya.

” Kami harus sampaikan hal-hal yang menjadi sangat prihatin, kenapa di tengah hari besar umat kristiani yaitu hari paskah sampai bisa terjadi hal seperti ini, Kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi, apa yang sudah terjadi biar terjadi kita hadapi proses kedepan, “jelas Kapolda, seraya menambahkan, tetap bertugas seperti biasa untuk melayani masyarakat dengan menjalin sinergitas dan kerjasama yang baik dengan setiap institusi disini. Selalu koordinasikan dalam mengambil tindakan, kita dukung pemerintah dalam menjaga keamanan.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Hasaribab dalam kesempatannya menyampaikan ucapkan terimakasih kalian sudah bertugas dengan baik namun dengan kejadian ini tetap kami lakukan dengan proses aturan yang berlaku. Kita sama-sama intropeksi untuk meminta maaf kepada jajaran Kepolisian karena itu bagian dari sinergis kita dalam menciptakan keamanan di Mamberamo Raya.

” Kita evaluasi bersama bahwa besok kalian akan melaksanakan tugas di tempat lain namun proses penyidikan tetap berjalan. Kedepan menjadi evaluasi kita bersama untuk lebih baik dalam melaksanakan tugas dengan menjalin komunikasi yang baik dengan instansi dan masyarakat, “Tutur Pangdam.

Dikatakan Pangdam, Kita telah membuat Tim investigasi guna proses penyelidikan dalam penegakkan hukum. Kami turut berduka cita dan terhadap 3 orang jenasah sudah di bawa ke Merauke dan Bade Mappi, kita tetap menjaga sinergitas untuk membangun kota Mamberamo Raya serta tetap melakukan social diatancing/phsycal distancing guna mencegah penyebaran Covid-19.

” Kami kesini untuk memberikan penguatan dan motifasi bagi anggota untuk kembali membangkitkan sinergitas dan kebersamaan sehingga mereka dapat menciptakan suasana damai di Kabupaten Mamberamo Raya, “tutur Pangdam.

Bupati Kabupaten Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa dalam kesempatannya menyampaikan bahwa dirinya berbangga Kapolda Papua bersama Pangdam XVII/Cenderawasih sangat luar biasa bagaimana mereka berkumikasih sehingga bisa menangani itu semua dengan baik.

” Kita harus kagumi kedua pimpinan, kami turun kesini untuk bersama memberikan motifasi dan penguatan kepada mereka sehingga bersama menjaga Kabupaten Mamberamo Raya. Saya ingin menyampaikan kepada adek-adek semua untuk jujur berbicara agar permasalahan ini cepat selesai, “ucap Bupati.

Daerah ini adalah daerah tertinggal, siapa lagi yang mau membangun kalau bukan kita bersama untuk membangun masyarakat setempat ini, mari kita selesaikan segala masalah yang terjadi sehingga masyarakat juga melihat bahwa kedua pimpinan ini benar-benar memperhatikan masyarakat di Kabupaten Mamberamo Raya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *