Hari Bhakti Adhyaksa, Insan Adhyaksa Dituntut Lebih Dewasa Dalam Penegakkan Hukum

Papua
Bagikan berita ini
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

TIMIKA,Honaipapua.com,-Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 yang berlangsung di halaman kantor Kejari Mimika, Senin (23/7).

Hadir dalam upacara tersebut, Kajari Mimika Alex Sumarna, SH. MH, Kasi Intel Kejari Timika Yazosizokhi Zebua, SH, Kasi Pidum Ahmad Bhirawa, SH, Kasi Pidsus Joice Mariai, SH. MH dan diikuti oleh segenap insan Adhyaksa Kejari Mimika.

Kajari Mimika Alex Sumarna, SH. MH saat membacakan amanat dari Jaksa Agung H.M.Prasetyo, mengatakan segenap insan Adhyaksa di seluruh tanah air dan dimanapun berada, dalam suasana yang penuh kebanggaan dan sukacita segenap insan Adhyaksa patut memanjatkan puji dan syukur ke hadirat tuhan yang maha esa atas kesempatan yang diberikan dalam menerima amanah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat bangsa dan negara dan di lingkungan Koorps adhyaksa.

Kita patut mengucapkan syukur kepada Tuhan atas Pemberian kesempatan kepada kita untuk melaksanakan amanah yang kita emban,” kata Alex Sumarna.

Ia mengungkapkan, rasa bangga dan sukacita perlu disyukuri bersama mengingat usia yang lebih dari setengah abad ini masih saja terdapat kekurangan dan keterbatasan dalam melaksanakan amanah yang diemban. Namun dalam belum adanya sempurnaan dalam bekerja dan berkarya akan tetapi banyak pula yang dihasilkan dan didedikasikan kepada masyarakat bangsa dan negara dengan penuh semangat dengan tekad dan terus menerus terutama untuk menegakkan hukum dengan baik dan benar agar supremasi hukum dapat ditegakkan sehingga bisa mewarnai kehidupan berbangsa di seluruh tanah air.

“Usia kita yang sudah mencapai 58 merupakan usia yang sudah dewasa, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan dan keterbatasan, tapi bisa diimbangi dengan dedikasi yang tinggi kepada masyarakat bangsa dan negara,” ungkapnya.

Ia menambahakan, peringatan Hari Bhakti Adhyaksa kali ini bertemakan “berbakti dengan sepenuh hati menjaga negeri”. Menurutnya, hal tersebut sangat relevan dengan upaya yang telah lakukan bersama selama ini untuk menjaga keutuhan dan upaya membangun bangsa, namun masih sering dihadapkan dengan berbagai masalah dan persoalan terkait keberagaman dan kebhinekaan yang sangat berpotensi mengganggu keutuhan bangsa dan dapat mengancam keutuhan bangsa.

“Dengan tema Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini sudah sepatutnya kita berusaha untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dari berbagai persoalan yang ingin memecah belah persatuan,” Jelasnya.

Kendati demikian. Kata Alex, sebagai insan adhyaksa atau perlu memahami tugas dan tanggungjawab sebagai penegak hukum yang bertujuan untuk mencegah berbagai bentuk kecurangan dan penyimpangan serta memastikan agar program pembangunan yang diarahkan bisa menjangkau pelosok pinggiran, terpencil, terluar, dan terdepan, kota dan pedesaan selesai dengan baik utuh dan tepat waktu agar dapat dinikmati oleh segenap masyaraka

“Kita perlu memahami tugas dan tanggungjawab kita sebagai Adhyaksa dalam mencegah terjadinya kecurangan dan penyimpangan serta memastikan program pembangunan bisa dirasakan secara menyeluruh,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, sebagai insan Adhyaksa perlu memperhatikan perintah harian yang intinya, menegaskan kepada insan Adhyaksa agar lebih meningkatkan sensitivitas dan kepekaan dalam melaksanakan tugas dan tanggung penegakkan hukum cerdas lugas dan berintegritas.

Serta memposisikan diri secara personal fungsional dan instansional yang kukuh menggenggam sistem serta menjunjung tinggi harkat dan profesi selaku insan Adhyaksa agar pantas dipuji dan diharga.

Tanpa mengesampingkan pendamping akselerator dan pengaman jalannya pembangunan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan, bekerja dan berkarya tanpa pamrih dengan baik sepenuh hati, menghadapkan perlakuan dan pelayanan agar memberi manfaat yang kuat kepada masyarakat yang bertujuan untuk memupuk dan menumbuh kembangkan semangat bekerja bersama semua pihak dalam bingkai hubungan yang solid dengan upaya merawat keberagaman dan kebhinekaan bagi kebesaran bangsa dan keutuhan NKRI yang harmonis.

“Sebagai insan adhyaksa harus bekerja secara personal, fungsional dan institusional dan kepekaan terhadap situasi yang terjadi di sekitar kita,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan terima kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan Kejaksaan dalam melaksanakan tugas, terbukti ada banyak hasil yang diterohkan baik dari instansi militer, pemerintah dan insan pers, yang setiap saat menyampaikan hal-hal yang positif terkait kinerja kejaksaan selama ini.

“Saya juga mau menyampaikan terimakasih kepada semua pihak dengan segenap lapisan masyarakat atas partisipasi perhatian dan kerjasamanya dukungan yang begitu besar terhadap eksistensi kejaksaan selama ini,” tambahnya. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *