Danrem 174/ATW Resmikan Pos Satgas RI-PNG Yonif 511/DY Di Tanah Papua

Papua
Bagikan berita ini

Merauke,Honaipapua.com, -Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi S.E didampingi oleh Letkol Inf Bayu Kriswandito, S. Hub., Int., (Dandim 1707/Merauke) dan Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P (Danyonif 511/DY) serta tokoh adat kampung Yakyu melaksanakan Peresmian pos Satgas pamtas RI-PNG Yonif 511/DY di Yakyu Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke. Sabtu (05/11/22).

Kegiatan peresmian pos Satgas pamtas RI-PNG dihadiri kurang lebih 60 orang tamu undangan dan masyarakat Yakyu Kampung Rawa biru.

Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi S.E mengatakan bahwa  Kedatangan kami disini dalam rangka peresmian pos satgas pamtas RI-PNG Yonif 511/DY. kami sampaikan terimakasih kepada tokoh adat dan masyarakat setempat yang sudah memberikan tanah/tempat untuk Negara Republik Indonesia lebih khususnya Korem 174/ATW yang mempunyai wilayah satgas pamtas RI-PNG, Untuk membangun Pos satgas pamtas RI-PNG.

“Pos ini dibangun untuk menjaga perbatasan wilayah RI dan Papua new Guinea, dan di bangun kan pos ini menjaga kenyamanan masyarakat kampung Yakyu ini, kami akan terus kan permintaan oleh masyarakat kampung Yakyu dalam hal ini mesin air, motorr inventaris dan pembangunan rumah Masyarakat dengan ini kami akan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan ini. Dalam hal ini masyarakat kampung Yakyu juga mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Kami TNI juga akan membantu dalam pembangunan yang ada di kampung Yakyu, dalam hal ini kami belum bisa membantu dengan anggaran yang ada, tetapi kami siap untuk membantu dalam proses pembangunan di wilayah kabupaten Merauke lebih khusus kampung Yakyu,” ucap Danrem 174/ATW.

Danrem 174/ATW meberikan pesan kepada anggota pos Yakyu satgas pamtas RI-PNG Yonif 511/DY yang intinya Kalian melaksanakam tugas di wilayah kabupaten Merauke, tepatnya di wilayah perbatasan antara,  RI – PNG, kalian laksanakan apa yang menjadi kewajiban kalian dalam melaksanakan tugas, para anggota kalian melaksanakan tugas di kampung Yakyu ini dalam menjalankan tugas disisi lain kalian juga dapat membantu masyarakat Yakyu Kampung ini, ajari bagamana beragama dan ajari mereka untuk berfikir bagamana dengan masa depannya. Laksanakan pertahanan bertahan hidup, dalam arti bagamana kalian bisa melaksanakan penanaman sayur-sayuran bahkan ubi dan lain sebagainya. Rawat pos ini dengan baik sehingga pada saat nya pergantian pos oleh satuan baru, pos ini masih dalam keadaan aman dan baik oleh Satuan baru yang melaksanakan tugas di wilayah kampung Yakyu ini,” tambah Danrem 174/ATW.

Sementara itu, Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P Dansatgas Yonif 511/DY mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Komandan Korem 174/ATW dan Masyarakat Yakyu Kampung Rawa Biru khususnya yang telah mendukung penuh pembangunan Pos satgas ini sampai dengan meresmikan. Semoga pos satgas ini dapat mendukung tugas pokok kami sebagai prajurit satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG, sehingga mempermudah dalam pelaksanaan tugas pengamanan, pembinaan dan pemberdayaan di wilayah ini,” ungkap Dansatgas Yonif 511/DY.

Tokoh masyarakat Kampung Yakyu atas nama Dominikus Maiwa (45) mengatakan dengan ini kami menyampaikan bahwa pada tahun 2014 lalu Tentara Papua new Guinea menurunkan bendera merah putih di kampung Yakyu ini, tetapi kami tidak tertarik dengan mereka kami tetap merah putih, dan kami sudah kerjasama dengan pasukan satgas dan komandan korem 174/ATW. Untuk membangun pos satgas di kampung Yakyu ini, kami mengucapkan syukur karena kami selalu dalam keadaan aman,” ucap Dominikus. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *