Tiba di Pasir Lombo, RISMA Disambut dengan Upacara Adat Key

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana Nomor Urut 2, RISMA, disambut hangat warga Kampung Trikora, RT 5, Pasir Lombo. Penyambutan RISMA ini berbeda dengan penyambutan di beberapa lokasi kampanye, karena di RT 5 ini, penyambutannya dengan tarian Yospan diiringi keroncong nelon, serta upacara adat Key.

Calon Wakil Bupati Kaimana Nomor Urut 2, Leonard Syakema, saat dikalungi sarung adat suku Key

Upacara adat Key ini dilakukan atas dasar simpati warga Key yang ada di RT 5 Kampung Trikora yang menganggap bahwa Leonard Syakema calon Wakil Bupati Kabupaten Kaimana ini merupakan bagian dari Kelurga Key, karena istri calon Wakil Bupati kaimana ini berasal dari Tanah Key. Ritual yang dilakukan, yakni, memerciki Leonard Syakema dengan air Kelapa Muda, kemudian menyelempangkan Sarung adat Key dan juga penyerahan Piring Adat yang berisikan beberapa barang lainnya.

Leonard Syakema saat orasi politiknya sangat menyayangkan karena keluarga Key yang ada di Kabupaten Kaimana tidak satu hati untuk mendukung dirinya, yang juga adalah bagian dari keluarga besar suku Key.

“Malam hari ini, saya mengucapkan beribu terimakasih untuk keluarga Key yang masih terima saya, dan menganggap saya bagian dari keluarga Key. Saya juga sayangkan, kenapa keluarga Key yang ada di Kaimana ini terpecah-pecah dan menyatakan sikapnya untuk mendukung orang lain, daripada mendukung keluarganya sendiri. Seperti ada ungkapan bahwa, potong dikuku rasa didaging. Dan ini yang saya rasakan saat ini,” ungkapnya.

Syakema juga menjelaskan kepada massa simpatisan RISMA untuk tetap berkomitmen untuk memberikan suaranya bagi RISMA. “Rita Teurupun adalah sosok wanita, sosok perempuan tegar, hebat dan berprestasi yang sudah terbukti keberhasilannya. Ibu Rita adalah sosok yang sangat tepat untuk memimpin Kabupaten Kaimana ini lima tahun ke depan. Sosok perempuan yang tegar dan akan mewakili seluruh perempuan yang ada di Kaimana ini, dan juga untuk seluruh wanita yang ada di Tanah Papua, karena menjadi seorang bupati wanita pertama di Tanah Papua,” ujarnya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh massa simpatisan untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu ataupun konsep politik yang berkembang saat ini ditengah masyarakat.

“Saya mau ingatkan kepada kita semua bahwa, RISMA sudah melakukan perubahan dari waktu ke waktu. Kita semua mengalami dan merasakan perubahan itu. Kita harus menyadari itu, bahwa setiap waktu kita terus maju dan berkembang. Itu semua juga karena keterlibatan Ibu Rita ini, sebagai Sekda Kaimana. Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk tetap komitmen, mendukung RISMA yang sudah menang ini. Untuk apa kita dukung orang yang kalah. Jadi basudara yang saat ini belum menentukan pilihan, mari bersama RISMA kita tingkatkan lagi kemajuan di Kabupaten Kaimana ini dengan seluruh program kegiatan yang sudah terkonsep jelas dan Visi dan Misi kami,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *