Tanaman Khas Papua Dengan Sejuta Manfaat

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Sorong,Honaipapua.com, -Papua memiliki keanekaragaman hayati yang sangat melimpah baik dari Flora maupun Fauna. Salah satu tanaman Endemic Papua yang memiliki banyak manfaat, yaitu, Tanaman Matoa (Pometia pemata) adalah sejenis tumbuhan rambutan atau dalam Ilmu Biologi berasal dan keluarga rambutan rambutanan (Sapindaccae).

Berdasarkan warna kulit buahnya, kata Delia, Matoa dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Emme Bhanggahe (Matoa Kulit Merah). Emme Anokhong (Matoa Kulit Hijau) Emme Khabhelaw (Matoa Kulit Kuning).

Tumbuhan ini tergolong pohon besar yang memiliki tinggi dengan rata rata 18 meter dengan diameter 100 cm. Pohon Matoa merupakan pohon musiman yang berbuah sekail dalam setahun.

Dikatakan Mahasiswi Fakultas Bioteknologi ini bahwa, pohon Matoa memiliki dua Jenis, yaitu, Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Penyebaran buah Matoa terdapat hampir diseluruh Wilayah dataran rendah hingga ketinggian kurang lebih l200 m dari permukaan laut. Pohon Matoa memiliki banyak sekali manfaat baik serta nilai ekonomi dan kesehatan.

Buah Matoa mempunyai Citarasa yang khas seperti rasa Rambutan bercampur dengan Lengkeng dan sedikit rasa Durian. Karena rasa dan aroma yang dikandungnya membuat buah Matoa memiliki nilai Ekonomi bagi masyarakat Papua.

Lanjut Gadis asal Teminbauan inj bahwa, harga jual Matoa, ditentukan berdasarkan Jenisnya, misalnya, Matoa Kelapa merupakan Matoa yang paling mahal, karena ukuran buahnya yang besar dan rasanya manis, serta memiliki daging yang banyak, sehingga banyak yang menyukai matoa jenis ini.

Namun sebaliknya Matoa Papeda tidak terlalu banyak orang yang meminatinya, karena daging pada buahnya tipis
lembek, berair, serta tidak
terlalu manis, sehingga
harganya tidak terlalu mahal.

Untuk matoa Papeda nilai ekonominya berkisar Rp 35.000/kg, sedangkan untuk Matoa Kelapa nilai ekonominya mencapai Rp 60.000 – Rp 80.000 /kg.

Pohon Matoa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Matoa memiliki kandungan vitamin C, yang bermanfaat sebagai anti Oksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang menyerang system kekebalan tubuh dan juga dapat mengangkat daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Matoa Juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu meringankan Stress. meningkatkan kesuburan serta meminimalkan resiko terserang penyakit Kangker dan Jantung Coroner. Air hasil rebusan kulit batang atau daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat demam dan keletihan, selain itu kulit batang Matoa mampu menyembuhkan luka bernanah. karena Matoa mengandung senyawa penghambat pertumbuhan Bakteri.

Pohon Matoa, memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, namun belum dikembangkan secara intensif. Buah yang memiliki tingkat kelezatan yang sangat enak ini mempunyai banyak peminat hingga keluar Papua.

Menurutnya, semakin tersedianya sarana transportasi antar pulau semakin memudahkan distribusi buah Matoa ke luar Papua sehingga dapat meningkatkan mutu dan keuntungan yang lebih baik kepada masyarakat.

Serta melibatkan masyarakat secara aktif, serta masyarakat sebagai pelaku utama dalam pembudidayaan Matoa dilahan mereka sendiri. Dengan memperhatikan berbagai hal tersebut buah matoa dinilai cukup potensial untuk dikembangkan dan dibudidayakan sebagai buah unggulan lokal.

Oktovilla Delia Saflembolo
Fakultas Bioteknologi
Universitas Kristen Duta Wacana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *