Setelah Tempuh 30 Jam, Tim Capil Kaimana di Sambut Kadisdukcapil Wondama

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Setibanya di Kabupaten Wondama, tim dukcapil Kaimana diterima oleh Kepala Dinas Dikdukcapil Wondama, setelah menempuh perjalanan selama 30 jam. Perjalanan tim dukcapil dari Kaimana Jumat (06:00 WIT) dan tiba di Wondama pada hari Sabtu sekitar pukul 12:00 WIT. Perjalanan tim dukcapil Kaimana ke Wondama, dalam rangka memperbaiki server dukcapil yang rusak.

Teknisi Disdukcapil Wondama Sedang Mengecek Kerusakan Server Capil Kaimana

Kepergian tim dukcapil Kaimana ke Teluk Wondama ini juga atas kebijakan kepala dinas Dukcapil Kaimana setelah difasilitasi oleh pemerintah daerah Kabupaten Kaimana melalui sekretaris daerah Kaimana, Rita Teurupun, S.Sos.

Foto bersama Tim dukcapil Kaimana dan Kepala Dinas Dikdukcapil Teluk Wondama

Kadisdukcapil Kaimana ketika dikonfirmasi melalui telepon celularnya mengatakan bahwa, usaha untuk memperbaiki server ini adalah hal yang harus dilakukan, mengingat masih banyak masyarakat Kaimana yang membutuhkan pelayanan perekaman e-KTP, apalagi menjelang perhelatan pilkada di Kabupaten Kaimana tahun ini.

“ Terkait dengan pelayanan kepada masyarakat ini adalah hal yang urgent yang harus kami lakukan. Namun beberapa waktu belakangan ini, karena server kami rusak, sehingga kami belum bisa melakukan pelayanan. Masyarakat kita di Kaimana ini, terutama masyarakat kita yang ada di kampung-kampung, masih ada yang belum memiliki e-KTP, apalagi saat ini menjelang pilkada, sehingga kami akan usahakan agar pelayanan di disduckapil Kaimana bisa normal kembali,” ungkapnya.

Lanjut Pical, urusan pilkada adalah kewenangan pihak penyelenggara pemilu. “ Untuk pemilu, keterlibatan dari capil palingan hanya terkait kroscek data penduduk, bukan data pemilih. Kami dari capil hanya mempunyai kewenangan terhadap data kependudukan masyarakat. Terlepas nanti apakah yang bersangkutan masuk dalam daftar pemilih atau tidak, itu kewenangan pihak penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Pical juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Teluk Wondama yang sudah membuka diri, ketika dirinya meminta bantuan.

“ Kami ucapakan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, terkhusus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Wondama, karena sudah menerima kami dan berupaya bersama untuk memperbaiki server kami yang rusak,” lanjutnya.

Sementara itu, saat ini tim teknis disdukcapil Wondama yang mengurus peralatan perekaman, sedang melakukan perbaikan.

“ Saat ini tenaga teknis sengan mengecek kerusakan server kita. Mudah-mudahan, kerusakan server ini bisa diperbaiki sehingga tim bisa kembali dan pelayanan perekemanan e-KTP di Kaimana bisa normal kembali. Kami juga berharap agar masyarakat di Kaimana yang saat ini sedang menunggu pelayanan dari Capil Kaimana, bisa bersabar. Kami akan usahakan secepatnya agar server bisa kembali normal,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *