SEKARANG PULAU LEMON, PULAU MANSINAM DAN PASIR PUTIH PUNYA TEMPAT SAMPAH

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Manokwari,Honaipapua.com, -Tumpukan sampah akibat sampah yang terdampar dari laut maupun yang dibuang sembarangan oleh sebagian pengunjung sempat mewarnai destinasi wisata Pasir Putih, Pulau Mansinam dan Pulau Lemon. Sangat minimnya ketersediaan tempat sampah menjadi penyebabnya.

Kondisi ini mendorong Kodim 1801/BS Manokwari, Kodam XVIII Kasuari, berinisiatif menyediakan tempat tempat sampah di lokasi tujuan wisata yang menjadi kebanggan masyarakat Manokwari itu. Aksi ini sekaligus juga merupakan kegiatan karya bhakti dalam rangka memperingati HUT RI ke 75, yang dilaksanakan di wilayah Koramil 01 Kota Manokwari. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1801/BS Manokwari, Kolonel Arm. Airlangga.

“Kami ingin tempat rekreasi yang menjadi tujuan wisata masyarakat Manokwari ini menjadi bersih dan sehat. Bukan malah sebaliknya, nampak kotor dan dapat menjadi sumber penyakit. Hal inilah yang mendorong kami untuk berpartisipasi aktif menyediakan sarana tempat sampah,” jelas Airlangga, saat meninjau lokasi penempatan tempat sampah di Pantai Pasir Putih.

Dia menambahkan, terlaksananya kegiatan ini atas kerjasama dan dukungan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT Pertamina Manokwari. Dukungan tersebut berupa pengadaan drum minyak, untuk dijadikan tempat sampah.

“Selain itu, Kodim 1801 juga membagikan masker merah putih kepada masyarakat di kawasan Pulau Mansinam, Pulau Lemon dan Pantai Pasir Putih. Kegiatan ini sejalan dengan program Ster Kodam XVIII/Kasuari, dalam mendukung upaya penggalakan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid 19,” ujar perwira menengah lulusan Akmil angkatan 91 itu.

Secara terpisah Manager TBBM Pertamina Manokwari, Sabadius, menyatakankan pihaknya sangat bangga dapat bekerjasama dengan jajaran Kodim 1801, dalam mendukung terciptanya tempat wisata yang bersih dan sehat.

“Partisipasi kami ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap masyarakat Manokwari. Untuk itu, kerjasama Pertamina dengan pihak Komando Teritorial akan terus dilakukan dalam bentuk program kemasyarakatan lainnya,” pungkasnya.

Di sisi lain, Lurah Pasir Putih, Amos Rumsayor mengharapkan masyarakat akan semakin sadar membuang sampah pada tempatnya. Sehingga ketersediaan tempat sampah bantuan Kodim dan Pertamina tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dan tidak sia sia.

“Dengan tersedianya sarana tepat sampah yang memadai, kami berharap Pantai Pasir Putih akan menjadi tempat wisata yang bersih, nyaman dan cantik. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1801/BS Manokwari dan pimpinan TBBM Pertamina Manokwari atas dukungan nyata yang telah diberikan. Semoga peran sertanya terus berlanjut dalam program kemasyarakatan lainnya,” ujar Amos saat menerima secara simbolik bantuan tempat sampah tersebut. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *