Sarver Belum Normal, Capil Belum Bisa Layani Perekaman e-KTP

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Setelah dilakukan uji coba terhadap salah satu bagian server Perekaman e-KTP dan belum berhasil, maka Disdukcapil Kaimana belum bisa melayani perekaman e-KTP. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana, Wahab Pical, S.Sos ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (12/8).

Aktifitas Warga di Disdukcapil Kaimana, Rabu (12/8)

Pical juga meminta maaf kepada masyarakat yang sudah datang ke kantor hari ini dengan maksud melakukan perekaman e-KTP namun belum bisa dilayani.

“ Kemarin memang kami sudah dapat alatnya. Memang awalnya kami sangat yakin dan berharap agar mudah-mudahan server kami bisa normal kembali. Sebelumnya itu kan, kalau kami nyalakan itu, palingan lima belas menit, dia sudah langsung respon dan kami langsung terhubung dengan sistem dari pusat. Tetapi setelah dicoba sampai beberapa jam pun, server belum bisa merespon. Kami mencoba untuk mengulanginya sampai beberapa kali, tetapi tetap saja sama hasilnya,” ungkapnya.

Pical juga mengatakan bahwa atas hasil uji coba yang belum berhasil ini, dirinya sudah menyampaikan hal ini kepada pemerintah daerah Kabupaten Kaimana melalui Ibu Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Rita Teurupun, S.Sos.

“ Kemarin setelah uji coba beberapa kali dan belum berhasil, maka kami langsung bertemu dengan ibu sekda untuk menyampaikan hasil tersebut. Sempat beliau memberikan petunjuk agar bisa diusahakan lagi peralatannya, dan jika alat tersebut ada, maka akan didistribusikan melalui kapal laut. Namun menurut kami, kalau menunggu kapal maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga perlu dicarikan alternatif solusi yang lain,” ujarnya.

Pical juga menjelaskan bahwa, dirinya sudah meminta bantuan kepada jajaran disdukcapil yang ada dalam group WA Dukcapil.

“ Dukcapil untuk seluruh kabupaten/kota ini kan sudah ada groupnya. Dan kami mencoba untuk menyampaikan permasalahan kita ke dalam group. Dan syukur bahwa ada yang merespon persoalan kita ini, yakni, Disdukcapil Teluk Wondama. Kami mencoba untuk berkomunikasi dengan mereka. Menurut mereka ada baiknya dicarikan perangkat server tersebut satu paket yang baru. Menurut kami, ada benarnya juga, karena salah satu sparepartnya ini memang sudah tidak diproduksi lagi. Sehingga untuk mencari alat ini, sangat sulit,” tuturnya.

Dirinya juga sudah meminta kepada pemerintah daerah Kaimana melalui Sekretaris Daerah agar bisa memfasilitasi tim yang akan berangkat ke Wondama untuk memperbaiki computer server tersebut.

“ Kalau untuk pengadaan server yang baru, tentunya harganya tidak murah saat ini. Tetapi ini kan kebutuhan urgent terkait dengan pelayanan kependudukan masyarakat, sehingga kalau pemerintah daerah bisa mempertimbangkan untuk mendatangkan server baru, kami sangat bersyukur, karena pelayanan kita pasti akan lebih lancar,”terangnya.

Sementara itu, terkait dengan tim yang akan membawa computer server dan juga alat rekam e-KTP elektronik yang juga sedang dalam kondisi rusak, lanjut Pical, tim tersebut akan menuju Wondama melalui Distrik Yamor.

“ Tim memang sudah ada, dan tidak hanya computer server ini saja yang dibawa, tetapi juga dibawa serta dengan alat perekaman e-KTP mobiling yang juga dalam kondisi rusak. Kami masih tetap berkomunikasi dengan disdukcapil Wondama, semoga setelah tim sampai kesana, computer server ini bisa normal kembali, sehingga pelayanan perekaman e-KTP untuk masyarakat di Kaimana bisa normal kembali. Kalau tidak ada halangan, hari Jumat besok tim ini berangkat. Sehingga harapan kami, sekitar pekan depan, kami sudah bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *