Pilkada Kaimana Dipastikan Aman dengan Backup 62 Personil Brimob

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Senin (7/12) besok, direncanakan 31 personil Brimob Nusantara tiba di Kabupaten Kaimana menggunakan KM.Tidar.

Wakapolres Kaimana, Kompol Kristian Sawaki, SH ketika Memimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengaman Pilkada Kaimana Tahun 2020

Kedatangan Brimob Nusantara ini untuk membackup pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di Kabupaten Kaimana. Sehingga total personil BKO Brimob yang akan mengamankan pilkada Kaimana berjumlah 62 orang. Rencananya, Brimob Nusntara yang baru tiba Senin besok sebanyak 31 personil ini akan diinapkan di Balai Kampung Trikora Kaimana. Hal ini ditegaskan oleh Wakapolres Kaimana, Kompol Kristian Sawaki, SH ketika dikonfirmasi di Mapolres Kaimana belum lama ini.

“Jadi backup Brimob Nusantara ini sebanyak 31 orang. Satu SSK kemarin sudah melaksanakan tugasnya di Kaimana pada tahap awal pencalonan sampai sekarang ini. Dan tambahan kali ini untuk membackup pemungutan dan perhitungan suara di tanggal 9 Desember mendatang,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, 31 personil Brimob Nusantara ini tidak hanya membackup keamanan di dalam kota Kaimana, tetapi juga dimungkinkan untuk pengamanan di wilayah-wilayah yang dianggap rawan.

“Untuk 31 personil yang baru datang ini, nantinya akan difokuskan di dalam kota Kaimana. Artinya dari tahapan-tahapan yang selama ini berjalan, tim inteligen kami sudah memetakan daerah rawan pilkada di Kaimana, dimana hampir seluruh TPS ini rawan. 9 diantaranya yang sangat rawan. Oleh karena itu, dengan kehadiran tambahan Brimob Nusantara ini, bisa membackup proses atau jalannya pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara tanggal 9 Desember nanti,” ujarnya.

Kabagops Polres Kaimana, AKP. Ferdinand Mardi

Sementara itu, Kabagops Polres Kaimana, AKP. Ferdinand Mardi dalam keteranganannya saat dikonfirmasi di Mapolres Kaimana juga mengatakan bahwa tanggal 7 Desember besok 31 personil Brimob tiba dai Kaimana dan siap mengamankan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Kaimana.

“Kemarin kan ada 31 anggota Brimob yang sudah melaksanakan tugasnya sejak dari tahapan pendaftaran sampai dengan saat ini. Sekarang ditambah lagi, 31 personil Brimob Nusantara yang juga akan membackup keamanan PilkadaKaimana. Sehingga untuk pengamanan pilkada di Kabupaten Kaimana, kita dibackup anggota Brimob sebanyak 62 orang,” ungkapnya.

Menurutnya, hingga hari ini, situasi kondisi yang ada di Kabupaten Kaimana masih dalam situasi yang kondusif. “Untuk secara umum, sampai hari ini masih dinyatakan kondusif. Namun apapun itu, kita akan antisipasi, khususnya mulai tanggal 6, 7, 8 dan 9 Desember nanti, sampai pada penetapan ditanggal 19. Disitu potensi kerawanan sesuai dengan prediksi kita akan meningkat. Makanya kita minta tambahan BKO Brimob untuk membackup kita disini. Untuk fokus pengamanan, sementara kita stay di kota Kaimana. Tetapi pergerakan kita nanti, akan kita sesuaikan dengan sarana prasarana yang ada, baik dengan kapal Pol Air, maupun menggunakan jalur darat bagi daerah yang bisa kita jangkau dengan transportasi darat. Jika nanti menjelang hari H ada update perkembangan situasi dan kondisi di distrik-distrik, maka kapal Pol Air sudah siap untuk digunakan oleh anggota BKO Brimob,” ujarnya.

Khusus untuk anggota Polres Kaimana sendiri, masing-masing TPS akan ditempatkan satu personil. Namun untuk 9 TPS yang dinyatakan sangat rawan yang berada di Kota Kaimana, polres akan menempatkan 2 personil.

“Sehingga total keseluruhan anggota polres Kaimana yang melakukan PAM Pilkada Kaimana 2020, sebanya 193 orang. Nanti juga personil kita ini akan dibantu oleh TNI dan Linmas yang juga akan mulai bergerak bersama-sama dengan pergeseran logisitik ke masing-masing distrik hingga TPS,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *