Mencabuli Anak Dibawah Umur HMW Terancam Dipidana 

Papua Barat
Bagikan berita ini
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

KAIMANA, Honaipapua.com,-  HMW pelaku pencabulan terhadap anak dibawah umur berinisial NR akhirnya ditahan diruang tahanan Mapolres Kaimana.

HMW juga terancam dipidana 10 tahun karena telah melakukan tindakan pencabulan tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Kaimana, AKP. Walman Simalongo, SH ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (10/7) kemarin.

Kasat Reskrim Polres Kaimana Walman Simalongo.SH, menjelaskan, saat ini berkas kasus tersebut masih dalam proses pemberkasan dan menungu hasil visum terhadap korban NR.

” Kalau untuk saat ini memang sudah dalam pemberkasan kasus pencabulan ini. Kami tinggal menunggu hasil visum dokter dan jika sudah lengkap maka sudah langsung naik tahap satu, “ungkapnya.

Terkait dengan kronoligs kejadian, awalnya itu, kata Walman, pada 21 Juni malam, pelaku menjemput korban di timbunan JK, karena korban takut pulang ke rumah. Namun pelaku berniat membawa korban ke Coa kerumah pacarnya pelaku. Sampai di Coa, mereka tidak menemukan pacarnya pelaku. Akhirnya pelaku membawa korban ke timbunan PLTMG menggunakan mobil rental tersebut. Sampai di PLTMG pelaku sempat mengeluarkan kata-kata ajakan cabul kepada korban. Namun korban tidak mau dan menangis. Akhirnya pelaku membawa korban ke gunung dulang, disana pun sama, niat pelaku tidak kesampaian karena korbannya menangis. Namun karena sudah kebelet, maka pelaku akhirnya berhasil melaksanakan aksinya di parkiran KBH
Sementara itu, pengusutan kasus ini melibatkan juga dinas terkait yaitu dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kami sudah tindaklanjuti laporan dari polres Kaimana, dan kami sudah dalami kasus ini.

Hasilnya juga sudah kami sampaikan ke pihak reskrim polres Kaimana, dan dinyatakan bahwa kasus ini merupakan benar-benar terjadi dan melibatkan anak dibawah umur dan murni pidana. Saat ini memang korbannya masih dalam perlindungan kami di pemberdayaan, dan kami harapkan agar kasus ini bisa diproses sehingga ada efek jeranya juga bagi masyarakat yang lainnya, bahwa melakukan kekerasan dan pencabulan terhadap anak dibawah umur, sanksinya sangat berat, ungkapnya.

Atas kasus ini, maka pelaku terancam dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara jika terbukti melakukan pencabulan anak dibawah umur.

Sementara pasal yang dikenakan kepada tersangka adalah pasal 76 e, jo 82 ayat 1, dan 76 jo pasal 80 ayat 1, UU RI atas perubahan UU RI Nomor 3 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan pasal 351 ayat 1 KUHP.

Dan hingga kini, tersangka kasus pencabulan terhadap NR ini sudah diamankan oleh pihak polres Kaimana, dan sedang mendekam di hotel pordeo polres Kaimana. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *