KUA PPAS Perubahan 2019 Disepakati 136 Miliar, DPRD Agendakan Pembukaan Paripurna Malam ini

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaimana bersama pemerintah daerah Kabupaten Kaimana dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menetapkan APBD Perubahan 2019 sebesar Rp.136 Miliar.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Kaimana, Frans Amerbay, SE ketika usai penepatan KUA PPAS 2019 Perubahan di ruang rapat DPRD Kaimana.

Penepatan ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Kaimana, Drs.Matias Mairuma, Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos.MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Rita Teurupun, S.Sos.MH.

Penetapan KUA PPAS ini juga sebenarnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu, namun karena situasi kondisi di Kabupaten Kaimana beberapa waktu lalu tidak memungkinkan, maka penetapan KUA PPAS ini baru ditetapkan hari ini.

“Jumlahnya 136 Miliar rupiah belanjanya. Pendapatannya dikoreksi 10 Miliar. Itu totalnya. Memang beberapa pembiayaannya besar dan kita arahkan kepada program kegiatan yang penting dan prioritas. Selama 10 hari ini, ketika kita lakukan koreksi dengan OPD sebenarnya banyak dan beberapa pimpinan OPD belum terlalu paham teknik penyusunan anggaran. Belum lagi ada beberapa OPD menyusun perencanaan belum sesuai dengan database. Tadi saya sampaikan kepada kepala daerah, bahwa hasil pembahasan di ruang sidang, kita meminta secara tertulis, tetapi informasinya berbeda. Ini menunjukkan bahwa ada pimpinan OPD yang belum mamahami teknis penyusunan anggaran dengan baik,” ungkapnya.

Lanjut Frans, ketika menyusun anggaran, harusnya pimpinan OPD melibatkan bendahara OPD sehingga proses atau tahapan perencanaan anggaran ini bisa sesuai aturan dan yang diharapkan.

“Sebagai pimpinan OPD kan harus menguasai ini. Paling tidak tahulah teknik penyusunan anggaran. Misalnya, mengajak bendahara dalam proses penyusunan itu. Suka tidak suka, pimpinan OPD itu dia harus tahu karena secara managerial, dia harus menguasai. Ini juga kami harapkan agar kedepan ada pembinaan dari kepala daerah, sehingga pembahasan anggaran ini lebih efektif,” ujarnya.

Sementara itu, sesuai jadwal yang sudah ditandatangani oleh ketua DPRD Kaimana, bahwa sidang anggaran akan dimulai (26/8) malam pukul.19:00.WIT dan akan laksanakan selama dua hari.

“Sidang rencananya nanti malam pembukaan. Karena kita kejar waktu juga, karena DPRD ini akan segera berakhir masa jabatannya. Sehingga kita berharap supaya sebelum Agustus ini berakhir, APBD perubahan ini sudah ditetapkan. Kita rencanakan sebentar malam pembukaan. Besok siang dilanjutkan dengan pemandangan umum fraksi, jawaban bupati dan pendapat akhri fraksi dan malamnya langsung penutupan sidang, “pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *