KPUD: Sebagian Besar Dokumen Bacaleg Dinyatakan Lengkap

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KAIMANA, Honaipapua.com, Hingga satu hari menjelang deadline perbaikan data calon untuk pileg di 2019 ini, sebagian besar dinyatakan sudah lengkap. Walupun demikian, masih ada tiga partai yang data calonnya masih banyak yang harus diperbaiki.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisioner KPUD yang baru, Kristianus Maturbongs didampingi mantan Ketua Komisioner KPUD Kaimana, John Philips Kirwa, SH ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (30/7) kemarin.

Menurutnya, tiga parpol inilah yang paling banyak memiliki perbaikan atas dokumen masing-masing calon.
Tidak etis saya sampaikan partai apa saja yang harus menyelesaikan dokumen calon mereka.

“Tetapi yang jelas, ada tiga partai yang data calonnya masih perlu diperbaiki. Kalau yang lain rata-rata sudah diperbaiki, dan ada beberap pertai sudah dinyatakan lengkap. Tinggal tiga partai ini saja yang kami masih terus menungu sampai berksanya dilengkapi, “ungkapnya.

Selain itu, lanjut Maturbongs, KPUD Kaimana masih menunggu hingga deadline perbaikan yaitu; pada Selasa (31/7) besok. Sampai hari ini ada beberapa partai yang memang datang untuk melakukan koordinasi, terkait dengan perbaikan bakal calon mereka. Karena waktunya masih sampai besok, sehingga kami berharap agar waktu sisannya ini bisa digunakan dengan baik.

“Jangan sampai karena keterlambatan dan ada caleg yang dinyatakan TMS. Ini yang kami perlu sampaikan kepada seluruh partai politik, terutama parpol yang masih belum beres data calonnya, agar segera diperbaiki, “ujarnya.

Terkait dengan calon yang datang dari ASN, Maturbongs mengatakan bahwa masih harus tunggu sampai tahapan ini berakhir. Tahapan ini kan masih terus jalan sampai besok.

“Makanya kami masih menunggu hingga besok, kalau toh bacaleg dari ASN ini tidak bisa menyerahkan SK pengunduran diri sebagai ASN dari kepala dareah, maka otomatis mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), “lanjutnya.

Sementara itu, John Philips Kiruwa yang sekarang ini menjabat sebagai divisi teknis mengungkapkan bahwa, seluruh partai politik sebelumnya sudah disampaikan untuk segera melengkapi berkas bacalegnya masing-masing sampai dengan 31 Juli besok.

“Hal ini kan kami sudah sampaikan jauh-jauh hari, sehingga kami berharap agar jangan nanti KPU yang disalahkan. Artinya kita bekerja dan melaksanakan seluruh tahapan ini kan sesuai dengan juknis dan mekanismenya yang sudah diatur. Sehingga kami berharap sisa satu hari besok ini, partai yang belum lengkap bisa segera memperbaiki data bacalegnya,” ungkapnya.

Kaitan dengan bakal calon, lanjut Kirwa, masih ada beberapa partai yang mengajukan dan mengganti bakal calon yang sudah didaftarkan. Ini kan urusan partai jadi kami tidak bisa intervensi kesana.

“Tapi ada beberapa partai yang memang mau mengganti bakal calonnya. Kebanyakan bakal calon yang diganti ini adalah pria, dan mereka menggantinya dengan bakal calon perempuan. Kami juga pada saat konsultasi dengan mereka, kami tegaskan bahwa jangan sampai mengurangi jatah keterwakilan perempuan dimasing-masing dapil. Tapi kebanyak yang mengganti ini adalah bakal calon perempuan, “ujarnya.

Kirwa juga menjelaskan, proses pergantian bakal calon ini masuk dalam tahapan perbaikan data bakal calon, di mana saat ini sedang berjalan. Beberapa hari lalu memang mereka datang ke KPU dan mengusulkan untuk menggatikan beberapa bakal calon.

Tapi karena sistemnya belum bisa terima perubahan data bakal calon parpol, maka mungkin sudah bisa masuk ketika sistem ini sudah kembali normal, “pungkasnya. (edd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *