KPUD Kaimana Terima Hasil Kroscek 1.763 Pemilih

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Akhirnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana, menyerahkan hasil kroscek data penduduk sebanyak 1.763 jiwa yang diminta oleh KPUD Kaimana beberapa waktu yang lalu, karena KPUD tidak bisa mengakses 1.763 data penduduk yang juga adalah calon pemilih potensial, pasca RDP di DPRD Kabupaten Kaimana pada pekan yang lalu.

Serah Terima Hasil Kroscek Data Penduduk oleh Kepala Disdukcapil Kaimana kepada Divisi Program dan Data KPUD Kaimana

Dokumen hasil kroscek data penduduk ini diserahkan langsung oleh Kepala Disdukcapil Kaimana, Wahab Pical, S.Sos dan diterima langsung oleh Divisi Program dan Data KPUD Kabupaten Kaimana, Chandra Kirana, Rabu (12/8).

Wahab Pical ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya usai penyerahan dokumen hasil pengkroscekan data penduduk sebanyak 1.763 ini mengatakan bahwa disdukcapil hanya mengecek NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang disodorkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaimana.

“ Kami hanya melakukan pengecekan terhadap NIK yang diserahkan oleh KPUD Kaimana, dan kami tegaskan bahwa kami tidak mengintervensi data kepada KPUD Kaimana. Jumlah data yang dikroscek juga sesuai dengan data dari KPUD Kaimana yakni sebanyak 1.763 penduduk. Kami sudah lakukan itu dan kami sudah serahkan hasilnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam tahapan pelaksanaan pilkada, tetapi membuka diri ketika KPUD Kaimana membutuhkan kepastian data penduduk Kaimana.

“ Untuk tahapan pemilu itu menjadi kewenangan KPUD Kaimana, dan kami tidak masuk kesana. Kami hanya membantu KPUD Kaimana dalam hal memberikan kepastian apakah NIK yang mereka dapatkan itu terdaftar di sistim kami atau tidak. Kami tidak memasukan data baru ke KPUD Kaimana, karena untk data kependudukan ini harus dikeluarkan oleh kementerian dalam negeri kepada KPU RI melalui Dirjen Dukcapil. Karena tugas kami hanya melakukan perekaman, mencetak KTP bagi masyarakat Kaimana yang belum memiliki e-KTP,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Program dan Data KPUD Kaimana, Chandra Kirana, ketika dikonfirmasi di Disdukcapil Kaimana menjelaskan bahwa, setelah menerima dokumen hasil kroscek data penduduk tersebut, pihaknya akan mulai melakukan verifikasi kembali terhadap 1.763.

“ Nah dari dokumen yang sudah kami terima ini, kami akan mengkroscek kembali, apakah NIK yang ada ini bisa masuk dalam daftar pemilih atau tidak. Karena kami juga harus memastikan kembali, apakah NIK yang sudah ada ini apakah mereka masih berdomisili di Kaimana, ataukah sudah pindah ke luar Kaimana. Begitu juga dengan penduduk yang sudah alih status. Palingan butuh waktu 2 hari kami sudah selesaikan data-data yang sudah dikroscek oleh Disdukcapil Kaimana ini,” ungkapnya.

Chandra juga memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Kaimana yang sudah memberikan ruang untuk KPUD Kaimana terkait kepastian data kependudukan masyarakat Kaimana ini.

“ Dalam menyampaikan data ke disdukcapil juga, kami hanya menyertakan NIK penduduk saja untuk dicek. Tidak dengan nama yang bersangkutan. Nanti kami yang akan memverifikasi kembali data yang sudah di kroscek ini. Kami juga koordinasi dan komunikasi yang sudah berjalan baik ini, bisa terus terjalin, sehingga kami bisa dapatkan kepastian dari data pemilih yang nantinya akan kami tetapkan dalam DPS maupun DPT,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *